Anies Minta Keberadaan Karang Taruna Dirasakan Masyarakat Jakarta

Senin, 27 September 2021 - 00:55 WIB
loading...
Anies Minta Keberadaan Karang Taruna Dirasakan Masyarakat Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi melepas mobil ambulans kolaborasi PMI dan Karang Taruna. FOTO/MPI/JONATHAN SIMANJUNTAK
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Puncak Bulan Bhakti Karang Taruna sekaligus peringatan 61 tahun Karang Taruna di RPTRA Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (26/9/2021). Anies berharap keberadaan Karang Taruna dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"61 tahun perjalanan Karang Taruna, organisasinya boleh saja umur tua, tapi aktivisnya masih muda. Masih panjang perjalanan Karang Taruna. Karena itu, dalam peringatan ini, Karang Taruna harus semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Minggu (26/09/2021).

Anies mengatakan, Karang Taruna harus berada di garis paling depan ketika dibutuhkan masyarakat. Karena itu, anggota Karang Taruna harus sehat secara jasmani maupun rohani.

Baca juga: Temu Karya Karang Taruna Sulsel di Bulukumba Disetujui Pengurus Nasional

"Terus jaga stamina, baik stamina fisik, mental, dan intelektual. Dan yang menarik dari Karang Taruna adalah kepemudaannya, anak muda itu cekatan dan siap setiap saat bekerja bagi masyarakat," katanya.

Secara khusus, Anies berharap Karang Taruna DKI Jakarta menjadi yang paling aktif di Indonesia. Sebab, berdasarkan sejarah berdirinya organisasi kepemudaan tersebut diinisiasi oleh Ghazali pada 26 September 1960 di Kampung Melayu, Jakarta Timur.

"Peringatan ini harus jadi kesempatan mengingatkan kita atas peran kita di masyarakat, dan khusus Jakarta, karena Karang Taruna ini mulainya di Kampung Melayu yang memulai almarhum Bapak Ghazali. Jakarta, Karang Tarunanya, harus jadi paling aktif di Indonesia, karena di sinilah Karang Taruna dimulai," ujar Anies.

Baca juga: Selip Ban, Minibus Angkut Rombongan Karang Taruna Ringsek Terguling di Bandung

Dalam kesempatannya, Anies juga memastikan akan meningkatkan dukungan kepada Karang Taruna untuk mewujudkan kolaborasi antara pemerintah dan organisasi kepemudaan tingkat paling mikro.

"Pemprov DKI Jakarta melihat Karang Taruna dan merasakan manfaatnya, begitu juga masyarakat. Karena itu, mulai bulan Januari besok, dukungan untuk Karang Taruna di tingkat yang paling dasar kita siapkan untuk seluruh Jakarta. Harapannya, pemantik ini bisa dimanfaatkan di tiap wilayah," kata Anies.

Selain menghadiri Puncak Bulan Bhakti Karang Taruna, Anies juga secara resmi melepas mobil ambulans kolaborasi PMI dan Karang Taruna. Harapannya, ambulans tersebut dapat dimanfaatkan menjangkau dan memberikan pelayanan kesehatan, khususnya warga Jakarta.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)