Bekasi Wajibkan Pengunjung Minimarket Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

loading...
Bekasi Wajibkan Pengunjung Minimarket Gunakan Aplikasi PeduliLindungi
Pemkot Bekasi dalam waktu dekat mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam area minimarket bagi pengunjung maupun pengelola.Foto/Ilustrasi/ANTARA
BEKASI - Pemkot Bekasi dalam waktu dekat mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam area minimarket bagi pengunjung maupun pengelola. Saat ini, pemerintah setempat masih melakukan sosialisasi untuk pemberlakuan kebijakan tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi, Tedy Hafni mengatakan, pemberlakuan aplikasi PeduliLindungi di minimarket memang belum diterapkan di wilyahnya, namun pemerintah sedang mempersiapkan jika kebijakan ini sudah diberlakukan oleh pemerintah pusat.

“Sedang disosialisasikan, untuk keamanan semua. Kita tidak ingin ekonomi saja tapi kesehatan juga terjaga, maka kita merencanakan memberlakukan kebijakan itu,” kata Tedi kepada wartawan Rabu (22/9/2021). Menurut dia, tahapan menuju rencana tersebut baru sebatas sosialisasi sementara uji cobanya belum dilaksanakan.

Namun, kata dia, jika kebijakan ini diterapkan nanti, teknis pemberlakuannya akan diserahkan sepenuhnya kepada pengelola minimarket yang ada di Kota Bekasi.”Kita hanya sosialisasikan, untuk teknisnya kita serahkan kepada koordinator minimarket,” ujarnya. Baca: Anies Izinkan Restoran di Jakarta Beroperasi hingga Jam 12 Malam



Selain mencegah potensi penularan Covid-19, penerapan kebijakan ini juga bertujuan untuk mengetahui perbandingan jumlah okupansi minimarket dengan kapasitas maksimalnya, seperti yang kini sudah diterapkan di pusat perbelanjaan lain yakni mal dan pusat retail Kota Bekasi.

Kepala Satpol PP Kota Bekasi Abi Hurairah mengaku sudah menginstruksikan jajarannya untuk melakukan sosialisasi kepada pihak minimarket dengan sasaran mengetahui seberapa banyak pengunjung yang masuk ke minimarket melalui basis data aplikasi PeduliLindungi.

“Kebijakan ini sebenarnya sudah diterapkan di mal dan retail di Kota Bekasi. Kontroversi di masyarakat pasti ada, kita serahkan sepenuhnya pada kebijakan yang nanti akan ditetapkan,” katanya. Berdasarkan hasil sosialisasi sementara, pihak minimarket menerima kebijakan ini.
(hab)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top