Pain Clinic Siloam Hospital Bekasi Timur, Atasi Nyeri Kepala Tanpa Operasi

Senin, 06 September 2021 - 22:55 WIB
loading...
Pain Clinic Siloam Hospital Bekasi Timur, Atasi Nyeri Kepala Tanpa Operasi
Siloam Hospitals Bekasi Timur membuka layanan Pain Clinic untuk membantu pasien mengatasi berbagai gangguan nyeri kepala melalui tata kelola atau Manajemen Terapi Nyeri Intervensi (Interventional Pain Management). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BEKASI - Siloam Hospitals Bekasi Timur membuka layanan Pain Clinic untuk membantu pasien mengatasi berbagai gangguan nyeri kepala melalui tata kelola atau Manajemen Terapi Nyeri Intervensi (Interventional Pain Management). Terapi ini merupakan tindakan minimal invasif melalui panduan dengan alat dalam mengobati keluhan nyeri, berupa nyeri akut dan nyeri kronik, nyeri jangka panjang ataupun permanen.

"Tujuan terapi ini untuk memblok saraf dan meregenerasi area di tempat sumber atau perjalanan nyeri dengan panduan alat seperti Fluoroskopi (C-arm) dan Ultrasonografi (USG),” kata dr Reno Yonora Sp An, dalam bincang sehat melalui Instagram live Siloam Hospitals Bekasi Timur pada Jumat 3 September 2021. (Baca juga; 5 Makanan Ini Dapat Bantu Anda Cegah Migrain dan Sakit Kepala )

“Bantuan alat Radiofrekuensi dapat dilakukan Ablasi atau Neuromodulasi yaitu gelombang radio yang digunakan menghentikan atau paling tidak, menenangkan jaringan saraf yang menjadi penghantar "sinyal" nyeri dari sumber nyeri. Ada alat khusus mengarahkan gelombang dengan jarum yang mengarah langsung ke sumber nyeri " lanjut dokter spesialis Anastesi ini.

Penuturan dokter Reno dalam tema edukasi bertajuk "Solusi Terkini Atasi Nyeri Tanpa Operasi" itu merupakan teknik terupdate dalam mengatasi rasa nyeri. Menurut dia, Interventional Pain Management memiliki keunggulan, selain tindakan yang minimal invasif, waktu pemulihan pasca tetapi cepat dan efek anti nyeri dirasakan untuk jangka panjang, dan pasien tidak harus mengonsumsi obat lagi.

"Interventional Pain Management menjadi pilihan terapi penghilang rasa nyeri jika pasien tidak merasakan efek yang berarti terhadap obat anti nyeri oral (yang diminum), atau pasien yang takut dioperasi. Termasuk pasien pasca operasi namun keluhan nyeri tetap dirasakan,” ungkap Reno. (Baca juga; Edukasi Masyarakat, Siloam Hospitals Surabaya Bahas Penyebab Sakit Kepala )

Diselingi dengan menjawab pertanyaan dan testimoni dari puluhan peserta, Reno menjelaskan, keragaman kasus konkret antara lain nyeri kepala dan leher, nyeri wajah sebelah, nyeri sendi leher dan nyeri bahu siku tangan dan punggung. “Area penanganan IPM meliputi keluhan nyeri dari Kepala sampai Kaki, saraf terjepit serta nyeri akibat kanker bahkan nyeri juga menjadi bagian dari terapi yang kami kerjakan' " imbuh Reno.

Salah satu keunggulan terapi di Pain Clinic di Siloam Hospitals Bekasi Timur, melingkupi pengobatan vertigo, Gangguan Pola Tidur dan Rhinitis. Prof Dr drSugiharto SpOG (K) Fertility yang sudah menjalani terapi vertigo selama 4 bulan oleh dr Reno, sudah merasakan efek yang sangat berarti.

Pasca terapi, vertigo yang sudah dialami 5 tahun lalu sudah tidak pernah muncul lagi. Prof Sugiharto sudah bisa menjalankan aktivitas dengan nyaman, bisa menyetir mobil, naik sepeda dan menjalankan aktivitas sehari hari dengan berkualitas.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)