Banyak Warga Belum Divaksin, Sentra Vaksinasi Didirikan

Senin, 06 September 2021 - 13:06 WIB
loading...
Banyak Warga Belum Divaksin, Sentra Vaksinasi Didirikan
Untuk membantu pemerintah, PSP Bervaksin menyediakan dua booth vaksinasi sekaligus untuk melayani 700 warga setiap hari. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masih banyak warga DKI Jakarta belum menerima vaksin. Untuk membantu pemerintah, Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Bervaksin bentukan Garda Pemuda (GP) NasDem menyediakan dua booth vaksinasi Covid-19 sekaligus untuk melayani 700 warga setiap hari.

Program vaksinasi bagi warga DKI Jakarta dan sekitarnya ini berlangsung di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Pancoran, Jakarta Selatan, 6-26 September 2021. Ketua Bidang Kesehatan DPP Partai NasDem, Okky Asokawati mengatakan, pendirian poskot tersebut untuk melayani masyarakat umum dengan menggunakan vaksin Pfizer (dosis pertama dan kedua) serta Sinovac. Khusus peserta yang mengikuti vaksinasi dosis kedua.

"Jadi, PSP bervaksin ini adalah rangkaian dari gelaran vaksinasi Satgas Covid-19 Partai NasDem yang sudah dilakukan sejak Juli lalu. NasDem komit tidak hanya melayani vaksinasi dosis pertama, tapi juga menyelesaikan vaksinasi kedua guna membantu pemerintah mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity)," kata Okky Asokawati di Kampus ABN NasDem, Senin (6/9/2021).

Okky menuturkan penyediaan layanan vaksinasi ini didasari atas komitmen NasDem membantu pemerintah menyelesaikan program vaksinasi lengkap guna menyehatkan masyarakat, yang saat ini tidak dapat dilakukan sendiri oleh pemerintah.

Seperti diketahui, di Ibu Kota masih ada sekitar 2,7 warga ber-KTP DKI Jakarta yang belum menerima vaksinasi. Pemprov DKI Jakarta sendiri terus gencar menggelar program vaksinasi Covid-19.

Di sisi lain, mantan anggota Komisi IX DPR dua periode itu menjelaskan, saat ini banyak masyarakat memerlukan vaksin dosis kedua lantaran tidak semua sentra vaksin menyediakannya. "Banyak sentra vaksinasi di luar tapi hanya menyediakan dosis satu kali, yang keduanya masyarakat bingung. Makanya kami kembali bersinergi membantu agar herd immunity segera tercapai," ungkapnya.

Dukungan dari pemerintah dalam menyediakan dosis vaksin turut menyukseskan vaksinasi yang tengah berlangsung ini. "Bagaimana pun juga saya mengimbau masyarakat untuk bervaksin guna mencapai herd immunity. Kedua, vaksinasi juga telah menjadi syarat berkunjung ke mana-mana," terangnya.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji mengapresiasi pendirian sentra vaksinasi karena turut membantu pemerintah mempercepat vaksinasi Covid-19. "Hari ini antusiasme warga begitu tinggi, bahkan sudah antre sejak pukul 6 pagi," kata Isnawa.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)