Instruksi Presiden Jokowi Tak Dijalankan, Bekasi Tegur Keras BBWS Citarum karena Tanggul Jebol

Kamis, 02 September 2021 - 22:45 WIB
loading...
Instruksi Presiden Jokowi Tak Dijalankan, Bekasi Tegur Keras BBWS Citarum karena Tanggul Jebol
Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan.Foto/Istimewa/Dok
A A A
BEKASI - Pemkab Bekasi menegur keras Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum soal retak dan amblesnya tanggul darurat di Kampung Babakan Banten, Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi. Untuk itu, pemerintah setempat menilai BBWS tak menjalankan instruksi dari Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo yang meninjau lokasi pada 24 Februari 2021 lalu, seharusnya tanggul permanen telah didirikan 2-3 bulan setelah bencana banjir melanda kawasan tersebut. Alhasil, banjir besar menerjang ribuan rumah di sembilan desa di Pebayuran. Banjir yang disertai lumpur itu berasal dari jebolnya tanggul Citarum.

”Harusnya sudah dianggarkan, karena Presiden kan sudah instruksikan, dalam 3 hari diperbaiki darurat, dalam 2-3 bulan harus dibangun permanen. Sudah instruksi Presiden kok,” ungkap Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan di Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bekasi di Jalan Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Kamis (2/9/2021).

Namun kenyataannya, kata dia, baru tanggul darurat saja yang dikerjakan. Bahkan tanggul lama mulai meretak dan pondasi tanahnya telah ambles.”Ternyata itu kan masih perbaikan darurat sampai saat ini. Itu pun sudah ambles turun beberapa meter, terus kiri kanannya juga ternyata ada retakan-retakan lagi. Jadi warga disana sudah mulai resah,” ujarnya. Baca: Tanggul Sungai Citarum Retak dan Ambles, Warga Pebayuran Bekasi Resah

Kepala BPBD Provinsi Jawa Barat ini telah melakukan pengecekan ke lokasi. Setelah ditinjau, titik kritis di tanggul darurat semakin meluas, dari awalnya hanya 80 meter kini menjadi sepanjang 400 meter. Ramdan kemudian mengadakan pertemuan dengan BBWS Citarum agar mendorong perbaikan tanggul. Terlebih lagi, kini telah memasuki awal musim penghujan.

”Kemarin makanya saya panggil BBWS Citarum, saya minta tolong perhatiannya deh, tapi memang baru diganti nih kepala balainya. Saya minta tolong lah masa (waktu itu) dikunjungi Presiden terus (sekarang) kejadian lagi? Anda kan nanti bisa dipecat. Saya juga malu sebagai Kepala BPBD Jabar,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, tanggul darurat yang dibangun di Kampung Babakan Banten Desa Sumberurip Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi kembali retak. Akibatnya, warga sekitar kembali dihantui banjir besar yang sempat merendam sembilan desa dengan ketinggian mencapai dua meter dan membuat ribuan warga mengungsi.

Tanggul darurat ini didirikan di dinding Sungai Citarum, tepat di titik di mana tanggul sempat ambruk, Februari lalu. Kini tanggul yang dibuat dari batu alam dan ditopang tumpukan karung pasir ini kembali retak. Bahkan, retaknya tanggul semakin parah hingga sepanjang 450 meter dan dikhawatirkan kembali jebol.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)