Rute Transjakarta Koridor 4 Pulogadung-Tosari, Jalur Sutera Penghubung Pinggiran dan Kota Jakarta

Kamis, 02 September 2021 - 15:29 WIB
loading...
Rute Transjakarta Koridor 4 Pulogadung-Tosari, Jalur Sutera Penghubung Pinggiran dan Kota Jakarta
Rute Transjakarta koridor 4 Pulogadung – Tosari telah menjadi penghubung antara kawasan pinggiran Jakarta menuju pusat kota. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejak diresmikan 27 Januari 2007 lalu, rute Transjakarta koridor 4 Pulogadung – Tosari telah menjadi penghubung antara kawasan pinggiran Jakarta ke pusat kota.

Dengan panjang 12,33 km dan melintasi 18 halte, koridor Transjakarta ini merupakan rute terpendek di antara rute lainnya, namun tetap padat penumpang. Puluhan ribu penumpang tercatat menggunakan koridor ini tiap harinya.
Baca juga: Ini Rute Transjakarta Koridor 3 Kalideres-Pasar Baru yang Terintegrasi dengan KRL Commuter Line

Dikutip dari laman wikipedia, Kamis (2/9/2021) rute busway koridor 4 melintasi beberapa kawasan strategis seperti Kampus UNJ, Velodrome, Stasiun Sudirman, Dukuh Atas, Stasiun Manggarai, dan Pasar Genjing. Integrasi antartransportasi terlihat di koridor itu mulai LRT, KRL Commuter Line, hingga MRT.

"Sebelum diperpanjang hingga Halte Tosari ICBC, panjang rute koridor ini hanya 11,9 km saja dan koridor ini sudah terintegrasi dengan LRT Jakarta via Halte Pemuda Rawamangun," tulis laman itu.
Baca juga: Mau Jalan-jalan, Ini Rute Busway Koridor 2 Pulo Gadung-Harmoni

Berdasarkan laman transjakarta.co.id, berikut beberapa halte yang melintas di rute Transjakarta koridor 4 Pulogadung – Tosari:
4.1 : Pulogadung, ini merupakan halte pertama dan banyak dilintasi sejumlah koridor.
4.2 : Pasar Pulogadung
4.3 : TU Gas
4.4 : Layur
4.5 : Pemuda Rawamangun
4.6 : Velodrome, pada halte ini terintegrasi LRT Jakarta rute Kelapa Gading - Velodrome.
4.7 : Sunan Giri
4.8 : UNJ
4.9 : Pramuka BPKR. Halte ini juga merupakan halte transit. Beberapa koridor terlihat mulai dari koridor 10 Tanjung Priok - PGC 2
4.10: Pramuka LIA
4.11: Utan Kayu
4.12: Pasar Genjing
4.13: Matraman. Halte ini menjadi halte transit untuk koridor 5 Kampung Melayu - Ancol.
4.14: Manggarai. Halte Manggarai menjadi sentral bagi masyarakat. Pasalnya, halte ini disebut integrasi terbaik bagi pengguna KRL.
4.15: Pasar Rumput
4.16: Halimun. Ini merupakan halte transit juga bagi koridor 6 Ragunan-Dukuh Atas.
4.17: Dukuh Atas. Ini merupakan halte yang juga menjadi sentral sebab di halte ini menjadi transit bagi sejumlah koridor lainnya, yakni koridor 1, koridor 6, koridor 9, dan koridor 13.
4.18: Tosari, seperti Halte Dukuh Atas, halte ini juga menjadi bagian dari integrasi dengan transportasi lainnya seperti KRL dan MRT serta beberapa koridor Transjakarta lainnya.
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1510 seconds (10.177#12.26)