Pemkot Tangerang Targetkan 3.157 Ibu Hamil Disuntik Vaksin COVID-19

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 00:00 WIB
loading...
Pemkot Tangerang Targetkan 3.157 Ibu Hamil Disuntik Vaksin COVID-19
Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menargetkan sebanyak 3.157 ibu hamil disuntik vaksin COVID-19. SINDOnews/Hasan Kurniawan
A A A
TANGERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menargetkan sebanyak 3.157 ibu hamil disuntik vaksin COVID-19. Vaksinasi untuk ibu hamil ini, bisa dilakukan di Puskesmas dan RSUD Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pelaksanaan vaksinasi pada tahap pertama ini akan dilakukan di tiga puskesmas dan RSUD Kota Tangerang. Dia berharap, ke depan bisa dilakukan di seluruh puskesmas.

"Ke depan, secara bertahap vaksinasi bagi ibu hamil akan dilakukan di 38 puskesmas dan 32 rumah sakit yang ada di Kota Tangerang," kata Arief di Puskesmas Karawaci Tangerang, Kamis (19/8/2021). (Baca juga; Selama Pandemi, 369 Ibu Hamil di Tangerang Terpapar Covid-19 )

Dia menambahkan, dengan vaksinasi maka akan mengurangi potensi ibu hamil masuk ruang perawatan akibat COVID-19. Apalagi, ibu hamil termasuk yang masuk kategori rawan terpapar COVID-19. (Baca juga; Jakarta Canangkan Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil, Anies: Ini Menjawab Kegelisahan Berbulan-bulan )

"Kalau berdasarkan angka kelahiran tahunan di Kota Tangerang, ada sekitar 38.000. Nah, itu merupakan target total dalam satu tahun, untuk saat ini kita mengejar target sasaran 3.157 ibu hamil," sambung Arief.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni menambahkan, jenis vaksin yang digunakan dalam vaksinasi ibu hamil ini, yakni Sinovac. Sejumlah dokter spesialis pun dilibatkan untuk mengantisipasi KIPI.

"Misalnya ada KIPI paska vaksin, maka akan ditangani lebih dulu di faskes yang melakukan vaksinasi, namun apabila tidak bisa putus, maka bisa naik ke Pokja Kota. Makanya ketat melakukan skrining ketat," pungkasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)