Kota Bekasi Mulai Data Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

Kamis, 19 Agustus 2021 - 12:04 WIB
loading...
Kota Bekasi Mulai Data Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.Foto/SINDOnews/Dok
A A A
BEKASI - Pemkot Bekasi tengah mengupayakan pendataan terhadap anak yatim piatu karena orang tuanya meninggal dunia akibat terpapar COVID-19. Pendataan ini merajuk kepada surat Kementrian Sosial RI Nomor: S-236/MS/C/HK 01/8/2021 tanggal 9 Agustus 2021 mengenai pendataan anak yang orang tuanya meninggal COVID-19.

”Nanti yang melakukan pendataan dari Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk mendata anak yatim piatu akibat orang tuanya meninggal karena COVID-19,” ungkap Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi di Rumah Sakit Darurat Stadion Patriot Candrabhaga, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (19/8).

Selain melakukan pendataan, kata dia, pemerintah bersedia menerima laporan pendataan dari warga masyarakat itu sendiri yang disampaikan kepada pihak kecamatan/kelurahan se-Kota Bekasi. Setelah terdata, nantinya akan dilaporkan oleh pemerintah setempat kepada Kementerian Sosial untuk segera ditindaklanjuti.

Rahmat menjelaskan, pandemi telah mengakibatkan banyak perubahan diberbagai aspek kehidupan saat ini, termasuk bagi anak-anak.

Selain adanya ketakutan terpapar COVID-19, anak-anak juga kerap berpotensi kehilangan orang-orang terdekat mereka yang meninggal. Hal ini membuat banyak anak akhirnya harus menjadi anak yatim, piatu dan yatim piatu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati menambahkan, pendataan terhadap anak yatim piatu diwilayahnya baru mulai dilakukan pendataan. Untuk memastikan pendataan akurat, instansinya akan berkordinasi dengan Dinas Sosial.”Untuk saat ini datanya belum ada, masih akan melakukan pendataan,” ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)