Besok, Ibu Hamil di Kota Tangerang Mulai Disuntik Vaksin Covid-19

Rabu, 18 Agustus 2021 - 18:37 WIB
loading...
Besok, Ibu Hamil di Kota Tangerang Mulai Disuntik Vaksin Covid-19
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
TANGERANG - Pemkot Tangerang mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil , besok Kamis (19/8/2021). Suntik vaksin dilakukan di 38 puskesmas dan RSUD Kota Tangerang.

Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kota Tangerang Hermayani mengatakan, puskesmas sudah langsung melakukan sosialisasi vaksinasi ibu hamil. Terutama kepada ibu hamil yang terdata program Kesehatan Ibu dan Anak.
Baca juga: 10 Syarat buat Ibu Hamil sebelum Divaksin Covid-19

"Bagi ibu hamil yang belum terdata, namun secara masa kehamilan bisa divaksinasi segera melakukan pendataan atau pendaftaran vaksinasi di puskesmas setempat," ujarnya, Rabu (18/8/2021).

Vaksinasi ibu hamil hanya bisa dilakukan di fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit. Sebelum disuntik, ibu hamil akan dilakukan screening atau pemeriksaan medis. "Ibu hamil harus melalui 10 pertanyaan screening. Mulai dari masa kehamilan, pengecekan tanda-tanda keracunan kehamilan, tensi di angka 140/90 harus ditunda, tidak pusing, pandangan tidak kabur dan lainnya," jelasnya.
Baca juga: Selain Nakes, Vaksin Moderna Bisa untuk Ibu Hamil dan Orang dengan Komorbid

Adapun jenis vaksin yang digunakan untuk ibu hamil di Kota Tangerang adalah Sinovac dan waktu observasinya 15 menit. Vaksinasi ini bekerjasama dengan Organisasi Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). "Untuk memantau kondisi ibu hamil secara berkelanjutan melalui link kartu kendali khusus ibu hamil setelah vaksin sampai melahirkan. Mari ibu hamil, jangan takut. Suntik vaksin aman," kata Hermayani.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)