Presiden AS Joe Biden Sebut Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi, Ariza Beberkan Antisipasi DKI

Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:37 WIB
loading...
Presiden AS Joe Biden Sebut Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi, Ariza Beberkan Antisipasi DKI
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) angkat bicara terkait peringatan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang menyebut Jakarta bakal tenggelam dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.



"Memang di Jakarta datarannya rendah. Jadi di Jakarta ada penurunan muka tanah setiap tahun. Namun, tidak berarti 10 tahun Jakarta tenggelam," tegas Ariza di Jakarta, Sabtu (31/7/2021).

Politisi Partai Gerindra itu menegaskan, Pemprov DKI Jakarta tetap mengupayakan agar Jakarta tidak tenggelam, diantaranya penyedotan air tanah, pipanisasi PAM Jaya ditingkatkan agar kebutuhan air bersih semua dari PAM.

Baca Juga: 2050 Jakarta Diprediksi Tenggelam, DKI Diminta Batasi Penggunaan Air Tanah

"Kami bersama Kementerian PUPR terus membuat program percepatan pipanisasi, air bersih, air minum di Jakarta terus ditingkatkan. Mudah-mudahan ini bisa mengurangi (penurunan) muka air tanah di Jakarta. Saya kira tidak seperti yang disampaikan demikian (Joe Biden) bahwa Jakarta akan tenggelam," tegasnya.

Selain itu, Pemprov DKI juga terus berupaya mengentaskan banjir rob yang kerap melanda Utara Jakarta. "Kami terus menyiapkan program agar ROB di Jakarta Utara bisa diatasi. Jadi InsyaAllah Jakarta tidak tenggelam 10 tahun lagi," tutupnya.


Joe Biden sebelumnya mengatakan bahwa dengan naiknya permukaan air laut, maka topografi pesisir Jakarta saat ini sebagian sudah di bawah permukaan laut.

Biden menyebut dalam 10 tahun ke depan kemungkinan Jakarta tenggelam secara permanen itu bukan isapan jempol. Terlebih saat ini wilayah Jakarta juga tanahnya terus mengalami penurunan tanah atau land subsidence.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2615 seconds (0.1#10.140)