Tempat Tidur Isolasi Covid-19 di Jakarta Bertambah Jadi 10 Ribu Unit

Sabtu, 26 Juni 2021 - 14:04 WIB
loading...
Tempat Tidur Isolasi Covid-19 di Jakarta Bertambah Jadi 10 Ribu Unit
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti.Foto/MPI/Dimas Choirul
A A A
JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta menambah tempat tidur isolasi dan ICU untuk pasien Covid-19 dari 8.000 unit menjadi 10.000 unit. Hal itu dilakukan lantaran terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta.

"Setiap hari kami terus menambah kapasitas rumah sakit baik rumah sakit TNI, Polri RSUD, rumah sakit swasta maupun rumah sakit BUMN. Awal bulan sekitar 8.000 sekarang sudah 10.000," ungkap Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti di GBK, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2021).

Dia menuturkan,Dinkes DKI Jakarta memiliki cara tersendiri agar pihak rumah sakit menambah kapasitas ruang perawatan pasien Covid-19. Yakni dengan mengajak para pemangku kebijakan meninjau rumah sakit rujukan Covid-19.

"Setiap hari kita selalu ajak untuk melihat kondisi lapangan sehingga mereka para Direktur berkenan terus-menerus menambah kapasitas," tuturnya.

Widyastuti mengaku, selalu menjalin komunikasi dengan seluruh komponen masyarakat guna mencari solusi menghadapi lonjakan pasien Covid-19 di rumah sakit. Salah satunya dengan meminta pihak rumah sakit memanfaatkan lahan kosong untuk mendirikan tenda.

Tenda itu, nantinya dipakai untuk triase pasien sebelum mendapatkan penanganan lanjutan. "Jadi sebelum masuk ke dalam rumah sakit, triase di tenda, tenda juga repesentatif, dan memadai. Ada alat kesehatan yang memang sesuai peruntukkan untuk triase. Setelah ditentukan Covid-19 dengan posisi status seperti apa baru dimasukan ke tempat layanan primer," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4331 seconds (0.1#10.140)