Sudah Ada Sejak 1605, Dulu Ondel-ondel Bagian dari Iring-iringan Acara Kerajaan, Kini?

Selasa, 22 Juni 2021 - 06:33 WIB
loading...
Sudah Ada Sejak 1605, Dulu Ondel-ondel Bagian dari Iring-iringan Acara Kerajaan, Kini?
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ondel-ondel sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya warga Betawi. Boneka besar yang digerakkan oleh orang di dalamnya tersebutmerupakan budaya asli warga Betawi. Lekatnya Ondel-ondel dengan budaya Jakarta menjadikan boneka ini pun sebagai ikon Kota Jakarta.

Pegadang Inggris, Edmund Scott dalam bukunya menyebut Ondel-ondel diperkirakan sudah ada pada tahun 1605. Dahulu, Ondel-ondel digunakan sebagai bagian dari iring-iringan acara kerajaan.

Kemudian ondel-ondel juga digunakan untuk menolak bala. Berdasarkan kepercayaan masyarakat Betawi, penyakit cacar akan hilang setelah mengarak ondel-ondel keliling kampung.

Sifat sakralnya tersebut juga tercermin dari cara pembuatan ondel-ondel yang konon dilakukan melalui proses ritual tertentu. Hal ini dilakukan agar proses pembuatan ondel-ondel berjalan lancar.

Seiring berjalannya waktu, Ondel-Ondel pun mulai banyak dikenal sebagai pelengkap acara hajatan . Di era Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin menjadikan ondel-ondel sebagai pertunjukan seni rakyat yang menghibur.

Pertunjukan ondel-ondel biasanya diiringi musik Betawi seperti tanjidor, pencak Betawi, bende, ningnong, rebana, dan ketimpring. Saat ini, Ondel-ondel juga sering tampil dalam acara-acara budaya yang tak hanya di gelar di kota-kota di Indonesia, tapi juga mancanegara. Sumber: Kemdikbud dan diolah dari berbagai sumber.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)