Penyeberangan ke Kepulauan Seribu Ditutup Sementara Bagi Wisatawan

Minggu, 16 Mei 2021 - 15:41 WIB
loading...
Penyeberangan ke Kepulauan Seribu Ditutup Sementara Bagi Wisatawan
Tujuan pariwisata di Kepulauan Seribu juga akhirnya ditutup. Perjalanan kapal yang membawa turis, telah dihentikan sejak 15 Mei 2021. SINDOnews/Sutikno
A A A
JAKARTA - Tujuan pariwisata di Kepulauan Seribu juga akhirnya ditutup. Perjalanan kapal yang membawa turis, telah dihentikan sejak 15 Mei 2021.

Penghentian pengangkutan wisatawan ke Kepulauan Seribu ini, sesuai dengan arahan Bupati Kepulauan Seribu Junaedi. Dia meminta penghentian keberangkatan kapal penumpang pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

"Hal ini (penutupan) sehubungan dengan membeludaknya penumpang kapal yang hendak berwisata ke Kepulauan Seribu," kata Junaedi, di Kepulauan Seribu, Minggu (16/5/2021). (Baca juga; KM Colombus Nyaris Tenggelam di Kepulauan Seribu, 51 Penumpang Dievakuasi Tim SAR )

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil monitoring saar libur Lebaran, pada 14-15 Mei 2021, terjadi lonjakan wisatawan ke Kepulauan Seribu yang berakibat pada dilanggarnya protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

"Ditambah terbatasnya alat rapid tes antigen serta tenaga medis di lapangan, disarankan kapal tidak beroperasi membawa penumpang wisata ke Kepulauan Seribu," ungkapnya. (Baca juga; TGUPP DKI Ingatkan Perizinan Terkait Pembangunan Hexagon di Kepulauan Seribu )

Imbauan ini juga telah disampaikan kepada Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Kepulauan Seribu. Jika ada yang nekat membawa penumpang menyeberang akan mendapatkan sanksi.

"Kapal tetap dibolehkan beroperasi jika membawa penumpang yang berkepentingan di Kepulauan Seribu. Seperti membawa warga setempat dengan menunjukkan KTP DKI Jakarta, selama masa liburan," pungkasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2338 seconds (0.1#10.140)