TPU Pondok Kelapa Terbuka Bagi Peziarah, Sekuriti TPU: Ga Bisa Ditutup, Mau Didemo Kita

Rabu, 12 Mei 2021 - 17:43 WIB
loading...
TPU Pondok Kelapa Terbuka Bagi Peziarah, Sekuriti TPU: Ga Bisa Ditutup, Mau Didemo Kita
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Rabu (12/5/2021) tetap buka meskipun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang kegiatan ziarah . Larangan itu berlaku mulai hari ini sampai Minggu (16/5/2021).

Sekuriti TPU Pondok Kelapa Ali Qodri menuturkan pintu gerbang TPU memang dibuka lantaran jalanan itu merupakan akses penghubung ke beberapa permukiman warga. "Ini kan warga sana, enggak bisa ditutup (gerbang) ini. Terus terang enggak bisa ditutup, ini jalur warga sana, ada kampung, jalur akses. Mau didemo kita," ujarnya, Rabu (12/5/2021).
Baca juga: Besok Ditutup untuk Para Peziarah, Begini Kondisi TPU Karet Bivak

Menurut dia, standar operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan juga telah melarang masyarakat untuk melakukan ziarah. Ketika disinggung ihwal ada saja masyarakat, dia mengaku itu tak menimbulkan kerumunan. "SOP-nya sih enggak boleh, ini gimana kan pemakaman yang banyak bukan orangnya," ucapnya.
Baca juga: Pengelola Pemakaman Islam Imbau Warga Tak Lakukan Ziarah Kubur di Masa Pandemi

Berdasarkan pantauan, beberapa peziarah terlihat hilir mudik di sekitar area pemakaman. Pintu gerbang pun terbuka, namun tidak terbuka lebar.

Para peziarah yang hendak masuk tak ada pengadangan. Mereka bebas memarkirkan kendaraannya. Di bagian depan, seluruh kios yang menjajakan bunga makam juga tetap buka. Di bagian sisi kanan TPU Pondok Kelapa, terlihat beberapa petugas yang tengah bekerja membersihkan liang lahat. Ada yang mencabut rumput, ada pula yang menyiramkan air.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)