Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Idul Fitri, Anies: Salatnya di Sekitar Rumah Saja

Selasa, 11 Mei 2021 - 19:50 WIB
loading...
Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Idul Fitri, Anies: Salatnya di Sekitar Rumah Saja
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi langkah pengurus Masjid Istiqlal yang meniadakan salat Idul Fitri 2021. Ini sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

Sebelumnya, seluruh kepala daerah di Jabodetabek-Cianjur sepakat menganjurkan salat Idul Fitri di rumah atau halaman. Bila keduanya tidak memungkinkan, maka bisa dilaksanakan di masjid setempat dengan penerapan protokol kesehatan ketat.
Baca juga: Masih Pandemi, Masjid Istiqlal Tidak Gelar Salat Idul Fitri 1442 H

"Saya ingin sampaikan apresiasi kepada pengelola Masjid Istiqlal karena tidak mengadakan ibadah salat Idul Fitri terbuka untuk umum. Ini menjadi contoh bagi yang lain. Anjuran kami adalah masyarakat salat di masjid sekitar rumahnya," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Jika Masjid Istiqlal tetap mengadakan ibadah salat, maka potensi jamaah yang mendatangi lokasi tersebut akan berasal dari tempat jauh karena tempatnya di daerah perkantoran dan fasilitas umum.

"Ini contoh bagi masjid-masjid raya yang lain bahwa kita memprioritaskan warga yang salat Id di dekat rumahnya, di kampungnya, maka jangan bepergian jauh," katanya.
Baca juga: Tinjau Pasar Mayestik, Anies Pastikan Pasokan Pangan Jelang Lebaran Aman
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)