Beredar Foto Hoaks Anggota Eks FPI Bakal Bunuh Diri jika Habib Rizieq Tak Dibebaskan

loading...
Beredar Foto Hoaks Anggota Eks FPI Bakal Bunuh Diri jika Habib Rizieq Tak Dibebaskan
Sebuah foto hasil tangkapan layar memperlihatkan eks FPI melakukan Unjuk rasa di jalanan. Foto: Istimewa
JAKARTA - Sebuah tangkapan layar memperlihatkan gambar sejumlah orang sedang ber unjuk rasa di jalanan. Di foto itu terlihat pula mereka mengenakan pakaian serba putih saling berhadapan dengan aparat keamanan yang dibatasi oleh portal.

Gambar tersebut diklaim sebagai deklarasi mantan anggota Front Pembela Islam (FPI) yang bersumpah akan bunuh diri massal, jika mantan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab, tak dibebaskan.

Selain itu, dalam keterangan foto disebutkan ada sebanyak 200 orang yang rela membela Rizieq Shihab sampai mati. Pemilik akun dengan nama Aim tertangkap mengunggah konten tersebut. Baca juga:Pengacara Minta Nama 2 Polisi Tersangka dan Otak Pembunuh Anggota FPI Dibuka

Berdasarkan tangkapan layar, terlihat status Aim telah direspon sekira 84 pengguna Facebook, serta mendapatkan 68 komentar. Akan tetapi, foto beserta narasi yang disebutkan adalah hoaks.

Kepastian itu terungkap dari klarifikasi Jabar Saber Hoaks Jabar Saber Hoaks menyatakan foto itu diambil pada Tahun 2018, tepatnya pada saat FPI melakukan demonstrasi di kantor salah satu media, bukan berkaitan dengan proses hukum Rizieq Shihab. Baca juga: 3 Oknum Polda Jadi Tersangka Unlawful killing FPI, Pengamat: Polisi Harus Terbuka



"Klaim bahwa foto itu memperlihatkan suasana mantan anggota FPI deklarasi akan bunuh diri massal jika Rizieq tidak dibebaskan, adalah salah. Faktanya, foto itu memperlihatkan aksi FPI pada 2018 silam," tulis Jabar Saber Hoaks dikutip Selasa 13April 2021 malam.
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top