Jelang Ramadhan, Forkomfinda Kabupaten Bekasi Serentak Bersihkan Masjid

loading...
Jelang Ramadhan, Forkomfinda Kabupaten Bekasi Serentak Bersihkan Masjid
Menjelang Ramadhan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkomfida) Kabupaten Bekasi kompak membersihkan masjid. Foto: SINDOnews/Abdullah M Surjaya
BEKASI - Menjelang Ramadhan ,Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkomfida) Kabupaten Bekasi kompak membersihkan masjid di lingkungan Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jumat (9/4/2021). Bersih-bersih ini dilakukan sebagai bagian dari menjaga higienitas tempat ibadah sebelum dikunjungi jamaah.

Kegiatan ini dipimpin Bupati Eka Supria Atmaja bersama Kepala Kepolisian Resor Metro Bekasi Komisaris Besar Hendra Gunawan dan Komandan Distrik Militer 05/09 Letnan Kolonel Kavaleri Tofan Tri Anggoro. Ketiganya kompak membersihkan masjid dengan mengepel lantai. Selain bersih-bersih, mereka pun mengecek penerapan protokol kesehatan di dalam masjid.

Eka mengatakan, kegiatan bersih-bersih ini dilakukan serentak di seluruh daerah di Kabupaten Bekasi. Bersama masyarakat, aparat pemerintah, TNI dan Polri membersihkan seluruh masjid sebelum digunakan jamaah untuk beribadah.

“Datang ke masjid,saya bersama forkopimda mengadakan bersih-bersih masjid menjelang Ramadhan,” kata Eka kepada wartawan di lokasi. Baca juga:Askar Kauny Bersihkan Masjid dan Musalla Jelang Pembukaan Tempat Ibadah

Ramadhan 2021 , kata Eka, pemerintah tidak melarang penyenggaraan ibadah di masjid. Salat wajib berjamaah, tarawih hingga tadarus diperbolehkan di dalam masjid dengan protokol kesehatan harus diterapkan dengan ketat.Namun, tidak hanya protokol kesehatan, kebersihan masjid pun penting dijaga.

KapolresMetro Bekasi KombesHendra Gunawan mengatakan, program bersih-bersih ini merupakan bagian dari operasi kemanusiaan. Tujuannya memfasilitasi masyarakat untuk meningkatkan ibadahnya di bulan Ramadhan tahun ini.



“Tujuannya masyarakat dapat beribadah dan bahkan meningkatkan ibadahnya ini di era pandemi dengan baik dan benar,” imbuhnya.

Hendra mengatakan, kegiatan bersih-bersih masjid ini akan dilakukan setiapharidisertai dengan kegiatan lainnya. Baca juga: Cegah Teroris Ngumpet di Wilayahnya, Pemkab Bekasi Pelototi Lingkungan

“Jadi tidak hari ini saja, bahkan akan dilakukan setiap harinya, termasuk saat puasa itu dilakukan menjelang magrib. Nanti akan ada juga pemberian bantuan sosial entah itu takjil buka puasa, makanan,dan kami juga akan memberikan ribuan Alquran,” katanya.

Dandim 0509Kabupaten Bekasi,Letnan Kolonel Kavaleri Tofan Tri Anggoromengingatkan masyarakat tetap menerapkan prokes. Kendati jumlah kasus Covid-19 cenderung melandai dan kegiatan keagamaan telah diperbolehkan, bukan berarti pandemi telah berakhir. “Jadi ini Ramadhan kedua kita melaksanakan di masa pandemi,” ujarnya.

Anggoro mengatakan, pihaknya telah menerjunkan seluruh personel untuk turut membersihkan tempat ibadah. “Personel serentak di seluruh koramil dan polsek yang ada. Bukan hanya hari ini tetapi beberapa hari ke depan hingga Idul fitri nanti,kita juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah,” tegasnya.
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top