PLN UP3 Bekasi Pastikan Pasokan Listrik Selama Ramadhan hingga Lebaran 2021 Aman

Selasa, 06 April 2021 - 06:31 WIB
loading...
PLN UP3 Bekasi Pastikan Pasokan Listrik Selama Ramadhan hingga Lebaran 2021 Aman
Manajemen PLN UP3 Bekasi melakukan pertemuan dengan ke Ketua DPRD Kota Bekasi, Choiruman J Putro di Gedung DPRD Kota Bekasi.Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Manajemen PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi melakukan pertemuan dengan ke Ketua DPRD Kota Bekasi, Choiruman J Putro di Gedung DPRD Kota Bekasi. Dalam pertemuan itu manajemen PLN UP3 Bekasi memastikan pasokan listrik selama Ramadhan hingga Lebaran 2021 di Kota Bekasi aman.

Manajer PLN UP3 Bekasi Ririn Rachmawardini mengatakan, pertemuannya dengan Ketua DPRD DKI untuk menyampaikan informasi program monitoring kehandalan pasokan listrik kepada para pelanggan selama Ramadhan dan Idul Fitri 2021 mendatang. Selain itu, soal pembaruan pemberian stimulus listrik di massa Pandemi Covid-19.

"Untuk suplai listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri 2021 kami pastikan akan aman, ada 180 petugas yang standby 24 jam memantau," kata Ririn usai beraudensi di Gedung DPRD Kota Bekasi pada Senin, 6 April 2021. Ririn juga menjelaskan soal pembaruan pemberian stimulus listrik di massa pandemi Covid-19.

Perpanjangan stimulus ini berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode April-Juni 2021, besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya. Terdapat tiga poin yang diputuskan yaitu, pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Kedua, pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala. Ketiga, pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

"Atas keputusan itu, kami siap menjalankan keputusan pemerintah untuk meringankan beban masyarakat ditengah Pandemi Covid-19," ujarnya.

Ririn menyampaikan pelanggan pascabayar R1/450 di Bekasi terdapat 52.197 dan R1/900 sebanyak 20.299 pelanggan. Sementara untuk pelanggan Prabayar R1T/450 berjumlah 98.133 dan R1T/900 sebanyak 18.566. "Dengan hadirnya kembali stimulus listrik, kami berharap dari PLN agar masyarakat dan pelaku usaha dapat tetap produktif," tuturnya.

Dalam stimulus ini, Ririn menjelaskan, para pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

"Untuk pelanggan prabayar daya 450, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung didapat saat membeli token listrik," jelas dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bekasi Choiruman J Putro menyambut baik kedatangan manajemen PLN UP3 Bekasi."Pertama saya berterimakasih atas kedatangan rombongan dari PLN UP3 Bekasi yang sampai saat ini terus menjalin komunikasi yang baik dengan kami (DPRD)," katanya.

Choiruman berpesan kepada PLN UP3 Bekasi juga untuk cepat tanggap jika ada gangguan kelistrikan di lingkungan masyarakat. Demikian juga gangguan atau kendala kelistrikan yang terjadi di gedung milik pemerintah daerah."Namun sejauh ini sudah cukup baik pelayanan yang diberikan oleh PLN," ucapnya.

Atas hal demikian pula, Choiruman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program yang telah digulirkan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut."Misalnya sekarang sudah ada yang namanya Aplikasi PLN Mobile, seluruh masyarakat bisa mengunduhnya di ponsel pintarnya masing-masing. Nanti disana segala pelayanan tersedia sehingga memudahkan masyarakat untuk melakukan proses administrasi maupun keluhan," ujarnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)