Madrasah Aset Penting, Bima Arya: Kita Tidak Mau Anak Muda yang Maju Menjauhi Agama

Senin, 05 April 2021 - 14:32 WIB
loading...
Madrasah Aset Penting, Bima Arya: Kita Tidak Mau Anak Muda yang Maju Menjauhi Agama
Bima Arya saat menghadiri Muswil IV Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Indonesia Jawa Barat 2021. Foto: SINDOnews/Haryudi
A A A
BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto berpandangan bahwa madrasah merupakan aset dan jembatan antara modernitas, kemajuan, dan aspek-aspek yang unsurnya lokalitas, keagamaan, serta yang lainnya.

"Kita tidak mau anak-anak muda yang maju, baik, rajin, dan kreatif meninggalkan, bahkan menjauhi agama atau semakin jauh dari agama. Namun saya melihat kecenderungan itu ada, kita ingin semuanya selaras. Jadi dipersatukannya atau dijembataninya tentu di madrasah, antara ilmu umum dan Ilmu keagamaan. Kita ingin kebangsaan sejalan dengan keislaman," ujar Bima saat menghadiri Muswil IV Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Indonesia Jawa Barat 2021.



Menurut Bima, kecanggihan teknologi komunikasi informasi ternyata tidak nyambung dengan pondasi kultural, perkembangan pendidikan, dan tidak masuk dengan metode pendidikan yang ada. Justru mengakibatkan perpecahan akibat perbedaan di masyarakat.

Hal ini muncul karena adanya hal-hal yang tidak sinkron atau tidak nyambung, di antaranya keislaman dengan kebangsaan, modernitas dengan lokalitas, teknologi dengan keseharian.

"Dengan peran yang dimiliki, madrasah itu luar biasa. Dengan catatan, sudah selesai dengan urusan 'dapurnya'. Persoalan yang hadir tidak melulu kurangnya komitmen, tapi juga tidak adanya informasi. Saya membayangkan, apabila komunikasinya intens dari awal maka kita bisa merencanakan bentuk kontribusinya," katanya.



"Bagaimana pun juga kita perlu fokus agar betul-betul bekerja dengan ikhlas. Pada akhirnya kembali pada keikhlasan dan saat ini keikhlasan kita semua tengah diuji," sambungnya.

Kepemimpinan di tengah pandemi Covid-19 ini, kata dia, merupakan bagian dari ujian kesehatan, keimanan dan kebersamaan. Pemimpin tidak boleh terbang karena pujian dan jangan pernah tumbang karena cacian.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PGM Pusat Agus Ridha menuturkan, Muswil PGM adalah agenda penting dan strategis bagi suatu organisasi yang diharapkan lahir gagasan dan ide baru untuk pengembangan madrasah di Jawa Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3193 seconds (0.1#10.140)