Salat Maghrib di Masjid Ramlie Musthofa, Anies Kagum Keindahan dan Sejarahnya

Jum'at, 02 April 2021 - 21:01 WIB
loading...
Salat Maghrib di Masjid Ramlie Musthofa, Anies Kagum Keindahan dan Sejarahnya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyempatkan salat Maghrib di masjid Ramlie Musthofa, Jalan Danau Sunter Raya,Selatan, Blok I/10, Sunter Agung, Jakarta Utara. Foto/Ist/Facebook @Anies Baswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyempatkan salat Maghrib di masjid Ramlie Musthofa, Jakarta. Anies kagum dengan keindahan masjid yang disebut dengan Taj Mahal kecil dan berbagi cerita tentang sejarahnya.

Anies bercerita bahwa masjid Ramlie Musthofa merupakan bentuk kecintaan pendirinya, Haji Ramli Rasidin, seorang mualaf beretnis Tionghoa, kepada Allah, Islam, dan kepada keluarganya. (Baca juga; Pakai Sarung, Anies Baswedan Hadiri Konferwil PWNU DKI )

"Lambang kecinta bapak Ramli kepada keluarganya terpatri di balik nama masjid 'Ramlie'. Nama Ramlie merupakan gabungin dari nama awal Ramli Musthofa dan istrinya Lie Njok Kim. Sedangkan nama Musthofa diambil dari awal suku kata anaknya yakni Muhammad, Sofian dan Fabian," kata Anies dalam akun Instagram resmi @Anies Baswedan, Jumat (2/4/2021).

Salat Maghrib di Masjid Ramlie Musthofa, Anies Kagum Keindahan dan Sejarahnya


Dari cerita anak Ramli, Sofian Rasidin, Bapak Ramli mendirikan masjid Ramlie Musthofa agar mampu membuat lebih banyak orang yang mengerti Islam, terutama etnis Tionghoa. Dalam postingan foto itu Anies juga memperlihatkan adanya tulisan nama masjid dan surat Alfatihah di dinding tangga masjid dengan aksara bahasa Indonesia dan Bahasa China.

Anies menyebutkan, ditulisnya surat Alfatihah dengan bahasa China tersebut agar lebih banyak orang Tionghoa yang membaca dan memahami artinya. "Bapak Ramli telah berpulang pada Agustus tahun lalu, Insyaallah masjid ini akan dicatat sebagai amal jariyah beliau yang pahalanya terus mengalir dan memberi syafaat di yaumul akhir," katanya.

Salat Maghrib di Masjid Ramlie Musthofa, Anies Kagum Keindahan dan Sejarahnya


Saat menjalankan ibadah salat Maghrib, Aneis mengaku lebih khusyuk karena Surat Alqiyamah dibaca oleh Imam shalat merdu dan syahdu. Penasaran, setelah selesai Anies langsung menemui Imam salat tersebut. (Baca juga; Sejumlah Pengurus Tempat Ibadah Ceritakan Manfaat Bantuan Anies )

Tak disangka kasih muda berumur 22 tahun. Namanya Ikhwan Fauzul Alawy pemuda asal Sawah Peuteuy, Desa Pancasura, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut. Ikhwan menjadi imam masjid baru November 2020.

"Dia mencerikan menjadi imam Masjid Ramlie Musthofa. Di mana masjid ini menjadi bagian yang penting dalam proses mendewasakan diri, semakin mandiri dan tak kalah penting memberikan keterangan hati karena menjadi seorang yang merawat dan mengelola rumah Allah," kata Anies.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)