Anies Ajak Masyarakat Cegah dan Menanggulangi Kebakaran

Rabu, 31 Maret 2021 - 13:15 WIB
loading...
Anies Ajak Masyarakat Cegah dan Menanggulangi Kebakaran
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ajak masyarakat cegah dan menanggulangi kebakaran lewat gerakan warga cegah kebakaran. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan informasi mengenai pencegahan kebakaran melalui akun instagramnya @aniesbaswedan, Rabu (31/3/2021). Masyarakat memiliki peran dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Anies mengatakan, salah satu langkah yang dilakukan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmart) DKI Jakarta untuk mencegah terjadinya kebakaran adalah dengan melaksanakan kegiatan Gerakan Warga Cegah Kebakaran.

Kegiatan ini sesuai dengan Instruksi Gubernur Nomor 65 Tahun 2019 Tentang Gerakan Warga Cegah Kebakaran. Dimana dalam gerakan ini, Dinas Gulkarmat mempunyai tugas untuk melaksanakan pemeriksaan kelayakan sarana dan prasarana di lingkungan warga.Kemudian, memberikan sosialisasi dan pelatihan pemadaman secara dini serta memastikan tersedianya sarana dan prasarana pemadam dilingkungan rawan kebakaran.

"Apakah kalian tahu, bahwa masyarakat juga memiliki peran dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran!," tanya Anies seperti yang dikutip dalam tulisan itu.

Sesuai Perda DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2008, Tentang Tindakan Penanggulangan dan Penanganan Sesuai Tugas & Fungsinya, masyarakat memiliki peran apabila terjadi kebakaran diwilayahnya, yaitu:

1. Melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran dini diwilayahnya

2. Melaporkan kejadian kebakaran dan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kebakaran

3. Membantu melakukan pengawasan serta menjaga sarana dan prasarana pemadam di lingkungan masing-masing

4. Memberikan bantuan kelancaran jalan, menepi dan memberikan akses kepada unit/kendaraan pemadam agar cepat tiba dilokasi

5. Memberikan informasi asal api, ada atau tidaknya korban terperangkap dan sumber air terdekat.

"Yuk!! Kita sama-sama jaga Jakarta agar menjadi kota yang lebih nyaman dan aman untuk ditinggali. Maju Kotanya, Bahagia Warganya," ajak Anies.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)