Anies Bagikan Cerita Bioskop Tertua dan Sosok Legenda Film saat Peringati Hari Film Nasional

Selasa, 30 Maret 2021 - 19:34 WIB
loading...
Anies Bagikan Cerita Bioskop Tertua dan Sosok Legenda Film saat Peringati Hari Film Nasional
Bioskop Metropole disebut-sebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam kalimat ucapan selamat hari film nasional di laman instagramnya @aniesbaswedan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bioskop Metropole disebut-sebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam kalimat ucapan selamat Hari Film Nasional di laman instagramnya @aniesbaswedan. Mantan menteri pendidikan itu bahkan menyebut bioskop tertua dan membagikan sejarahnya.

"Selamat Hari Film Nasional!dari @dkijakarta
• • •
Dunia perfilman terus berkembang. Salah satu jejak sejarah perfilman ditandai dengan kehadiran Bioskop Metropole, yang kini bernama Metropole XXI," seperti yang dikutip Selasa (30/3/2021). (Baca juga; 5.000 Lebih Warganet Menyukai 3 Kegiatan Prioritas Anies Baswedan )

Setelah tercatat sebagai bioskop tertua, bioskop metropole adalah saksi pertumbuhan film Indonesia. Tak heran, bioskop yang diresmikan 1951 ini kemudian ditetapkan sebagai cagar budaya kelas A melalui SK Gubernur DKI Jakarta nomor 475 Tahun 1993.

Sebagai bioskop kelas satu pada masanya, Metropole identik dengan film film populer di Amerika. Pemutaran film Annie Get Your Gun (1950) karya George Sydney menjadi penanda peresmian bioskop ini.

"Seiring berkembangnya film di Indoensia, bioskop yang kemudian berganti nama menjadi Megaria ini mulai menayangkan film-film Indonesia dengan film krisis sebaga film pertama yang tayang di tahun 1955," seperti dikutip lewat infografik yang dibagikan Anies.

Anies Bagikan Cerita Bioskop Tertua dan Sosok Legenda Film saat Peringati Hari Film Nasional


Selain itu, Anies juga menunjukan sosok legenda film di Betawi, Benyamin Sueb. (Baca juga; Cerita Anies Baswedan saat Menyantap Sate Blora Diiringi Lagu dari Pengamen Ayah dan Anak )

"Selain itu, untuk mengenal lebih jauh, sosok legenda film dari Betawi, Benyamin Sueb, tak ada salahnya untuk menjadwalkan kunjunganmu ke Taman Budaya Beyamin Sueb. Tentunya, dengan selalu menerapkan prokes yang ada, ya," lanjut tulisan itu.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)