Anies Ajak Lansia di Jakarta Vaksinasi Covid

Rabu, 17 Maret 2021 - 14:46 WIB
loading...
Anies Ajak Lansia di Jakarta Vaksinasi Covid
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Gedung Nyi Ageng Serang, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (16/3/2021). Foto: MPI/Sri Lestari R
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peninjauan vaksinasi Covid-19 terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) dan lanjut usia (lansia). Sebanyak 100 ASN dan 100 lansia di Jakarta divaksinasi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Puskesmas Kecamatan Setiabudi di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta Selatan, Selasa (16/3/2021).


“Untuk warga lansia DKI Jakarta yang ingin mendaftar vaksin melalui website dki.kemkes.go.id, silahkan pilih lokasi vaksinasi terdekat,” tulis Anies di akun Instagram @aniesbaswedan, Selasa (16/3/2021).

Sebelumnya, warga yang datang ke fasilitas kesehatan kini petugas yang mendatangi lokasi warga. Vaksinasi dinamis berbasis wilayah ini menjadikan vaksinasi lebih efektif bagi lansia.

Gugus Tugas menyebutkan 10,7 persen kasus terkonfirmasi positif yang menyerang kalangan lansia (di atas 60 tahun). Bahkan, kelompok usia ini mencatat 48,8 persen kasus pasien meninggal dunia akibat Covid-19 dan menjadi kelompok usia dengan jumlah kasus meninggal dunia terbesar dibandingkan kelompok usia lain.


Dokter Penyakit Dalam Sub Spesialis Geriatric Siti Setiati menekankan pentingnya mempersiapkan para lansia agar vaksinasi bekerja dengan optimal. “Hal yang perlu dipertimbangkan terkait vaksinasi lansia adalah terjadinya immunosenescence atau disfungsi imunitas karena usia. Hal ini berhubungan dengan respons terhadap vaksin yang kurang maksimal,” katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)