Anies Lantik dan Kukuhkan Kepengurusan MUI Jakarta Timur

Senin, 15 Maret 2021 - 16:50 WIB
loading...
Anies Lantik dan Kukuhkan Kepengurusan MUI Jakarta Timur
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Timur (Jaktim) periode 2021-2025 yang baru dilantik, KH Didi Supandi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu telah melantik dan mengukuhkan kepengurusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Timur (Jaktim). Dihadapan 500 peserta, Anies Baswedan melalui media Zoom menyampaikan pesan bahwa kepengurusan baru MUI Jakarta Timur harus semakin solid dan mampu menghasilkan gagasan serta terobosan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat.

"MUI memiliki peran instrumental yang harus diwujudkan dalam kiprah masyarakat," katanya. (Baca juga; Salat Subuh di Masjid Luar Batang, Anies Pastikan Revitalisasi Destinasi Wisata Religi )

Sementara itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Jakarta Timur periode 2021-2025 yang baru dilantik, KH Didi Supandi mengatakan, tidak ada pilihan bagi para ulama selain mengasah diri untuk berdigitalisasi dalam upaya syiar Islam.

"Saat ini media digital memudahkan ulama untuk melakukan syiar karena jarak tidak menjadi persoalan. Hanya saja perlu peningkatan konten yang benar sesuai dengan Alquran dan Hadist agar umat mendapat informasi yang sahih perihal ajaran islam yang rahmatan lil alamin," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (15/3/2021).

Menurut dia, hal ini penting agar generasi tidak kehilangan informasi yang benar tentang hukum-hukum Islam untuk mengatur sendi-sendi kehidupan. KH Didi Supandi juga sepakat jika anak-anak muda Islam yang akrab dan mahir dalam dunia digital harus terlibat dalam menyusun dan membantu para ulama-ulama sepuh untuk menyiarkan kebenaran ajaran Islam.

KH Didi menegaskan bahwa MUI Jakarta Timur berkomitmen akan senantiasa menjaga marwah ulama dengan metode dakwah yang santun dan elegan, karena ulama adalah panutan bagi umatnya. Penyampaian dakwah yang santun dan elegan juga merupakan bagian dari syiar islam sendiri seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Besar Rasulullah Muhammad SAW.

"Seperti Hadis diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Aku tidak diutus untuk (melontarkan) kutukan, tetapi sesungguhnya aku diutus sebagai (pembawa) rahmat," sebutnya. (Baca juga; Perkuat Dakwah Islamiyah, MUI Jakarta Timur Bangun Rumah Digital )

"Allah juga tidak suka pendakwah berlaku kasar dan mencela, seperti firman-Nya dalam surat Ali Imran ayat 159, maka disebabkan rahmat dari Allah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentu mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu," KH Didi menguraikan.

Kepengurusan MUI Jakarta Timur periode 2021-2025, dikukuhkan oleh Ketua Umum MUI DKI Jakarta, KH Munahar Muchtar, disaksikan Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar. Sementara Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan memberikan sambutan dari media Zoom.

Struktur Kepengurusan MUI Jakarta Timur periode 2021-2025, adalah:
Ketua Umum : KH Didi Supandi
Wakil Ketua: Umum: Ahmad Subaki
Sekjen : Arif Fauzan
Bendahara: Irfanullah.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)