Kampung Tangguh Jaya Berhasil Tekan Kasus Covid-19, Buktinya di Kawasan Rusun Muara Angke

Senin, 01 Maret 2021 - 14:41 WIB
loading...
Kampung Tangguh Jaya Berhasil Tekan Kasus Covid-19, Buktinya di Kawasan Rusun Muara Angke
Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana mengunjungi Kampung Tangguh Jaya Rusun RW 20 Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu (28/2/2021). Foto Sindonews
A A A
JAKARTA - Program Kampung Tangguh Jaya di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya terbukti menekan angka penyebaran virus corona atau Covid-19 di DKI Jakarta.Salah satunya di kawasan Rumah Susun (Rusun) Muara Angke, Jakarta Utara. Dalam kurun waktu dua bulan tidak ada penambahan baru atau Zero kasus aktif Covid-19. Bahkan kasusnya cenderung menurun.

"Khusus di daerah Polres Pelabuhan Tanjung Priok Kampung Tangguh Jaya didirikan di Rusun RW 20 Muara Angke yang dihuni 2.400 jiwa dapat mempertahankan nol kasus aktif (zero) Covid-19," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana saat mengunjungi Kampung Tangguh Jaya Rusun RW 20 Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu (28/2/2021).

Baca Juga:Polda Metro Jaya Optimistis Program Kampung Tangguh Jaya Tekan Penyebaran Covid-19

Putu menyebut, program Kampung Tangguh Jaya merupakan inisiasi Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yang menjadi salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta. Menurut dia, tidak adanya penambahan kasus Covid-19 karena adanya kesadaran, peran serta dan semangat gotong royong masyarakat secara bersama-sama mencegah penyebaran virus corona.

"Setiap hari petugas Polri terutama Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan Satpol PP memberi imbauan agar masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, termasuk juga menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas," ujar Putu.

Baca Juga:Posko Kampung Tangguh Jaya Basecamp Benda Tangerang Berhasil Tekan Kasus Aktif Covid-19

Dia menegaskan inti dari Kampung Tangguh Jaya adalah melaksanakan 3T yaitu Testing dengan melaksanakan tes rapid antibodi maupun antigen kepada warga bekerja sama dengan petugas kesehatan baik dari Puskesmas maupun Kesehatan Polres.

"Selain itu setiap hari juga dilaksanakan kegiatan pemberian masker gratis kepada warga rusun dan pelayanan tes rapid, setiap warga yang akan masuk ke RW 20 diberlakukan pengecekan suhu tubuh dan wajib mencuci tangan" ucap Putu.

Baca Juga:Tekan Covid-19, Tiga Pilar Jakarta Pusat Siap Buat Polisi Kampung Tangguh Jaya

Ketua RW 20 Muara Angke Mutmainah mengakui bahwa program Kampung Tangguh Jaya membuat warga semakin sadar akan pentingnya saling menjaga dan menerapkan standar protokol kesehatan demi memutus mata rantai virus corona.

"Sejak adanya program Kampung Tangguh Jaya, warga sini jadi tahu cara mencegah corona. Kita juga ada ruang kesehatan, isolasi, terus dapur umum sampai memanfaatkan taman rusun untuk menanam kunyit, jahe, pepaya dan ada kolam budidaya lele," katanya dikesempatan yang sama.
Kampung Tangguh Jaya Bikin Kawasan Rusun Muara Angke Zero Covid-19
(ymn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)