Tinjau Lokasi Banjir, Anies: Saat Ini Jakarta Masih Menerima Aliran dari Puncak

Sabtu, 20 Februari 2021 - 19:36 WIB
loading...
Tinjau Lokasi Banjir, Anies: Saat Ini Jakarta Masih Menerima Aliran dari Puncak
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau sejumlah lokasi banjir yang merendam wilayah Ibu Kota. Seperti di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya depan Kampus Atma Jaya, Setiabudi dan Jalan Kemang Raya , Mampang, Jakarta Selatan.

"Jadi, saat ini memang Jakarta, sore ini, masih menerima aliran dari kawasan Selatan, itu Depok maupun Puncak (Bogor). Kalau itu sudah reda, Insya Allah lebih terkendali," ujar Anies kepada wartawan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021).

Menurutnya, curah hujan di hulu kali Krukut itu berasal dari Bogor dan Depok sangat tinggi hingga mencapai 136 mm sehingga membuat kawasan Jakarta Selatan, khususnya Jalan Jenderal Sudirman tergenang. Adapun air di hulu itu melewati dua sungai, yakni kali Krukut dan kali Mampang hingga akhirnya bertemu di kawasan Sudirman dan meluap di Sudirman.

"Biasanya kalau hujannya di pegunungan airnya akan lewat kali Ciliwung, tapi kalau terjadinya hujan deras dik awasan tengah sekitar Depok, maka lewat ke aliran sungai aliran tengah, kali Krukut ini," tuturnya. Adapun kondisi genangan air itu, kata dia, sudah terjadi pukul 11.00 WIB dan saat air kiriman itu sudah melewati kali Krukut dan kali Mampang ke Kanal Banjir Barat, diharapkan air pun bisa mulai surut. Sejauh ini, Kanal Banjir Barat airnya masih cukup tinggi lantaran air di kali Ciliwung masih memasuki kawasan perkotaan.

"Insya Allah bisa segera tuntas. Namun, sekali lagi ini aliran dari luar yang masuk ke Jakarta dan kita dorong untuk segera sampai ke kanal banjir barat," jelasnya. Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo menjelaskan, sejatinya, masyarakat tak usah khawatir untuk melintasi Jalan Jenderal Sudirman khususnya lantaran ketinggian airnya itu hanya di kisaran 20-30 cm saja. Maka itu, air dengan tinggi di kisaran itu bisa dilintasi kendaraan.

Apalagi, tambahnya, personel kepolisian dan Dishub DKI Jakarta berada di lapangan untuk membantu warga dan meyakinkan warga kalau Jalan Jenderal Sudirman masih aman dilewati. "Walaupun inikan ada 5 lajur. Lajur 1,2 emang cukup tinggi. Tapi lajur 3,4, dan jalur busway masih bisa dilewati. Jadi mudah2an volume arus lalin semakin turun nanti kita bisa tarik, bisa normalkan lagi," katanya.

(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)