Insiden Tanggul Roboh yang Ancam Banjir di Perumahan

Selasa, 16 Februari 2021 - 15:11 WIB
loading...
Insiden Tanggul Roboh yang Ancam Banjir di Perumahan
Tanggul kali di Perumahan Melati Residence Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (10/10/2020) mengalami longsor. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Insiden tanggul atau turap roboh di sebuah perumahan yang berbatasan dengan kali atau sungai sangat membahayakan warga perumahan. Jika tak segera ditangani besar kemungkinan bila hujan deras kemudian air kali meluap dapat merendam perumahan yang berada di pinggir kali.

Berikut kejadian tanggul roboh yang berhasil dihimpun SINDOnews, Selasa (16/2/2021).

Tanggul Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Jatiasih, Bekasi
Tanggul pembatas antara bibir sungai dan perumahan di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi, roboh pada Selasa (16/2/2021). Keretakan bangunan tanggul sepanjang 60 meter. Jika Kali Bekasi meluap bisa menenggelamkan perumahan yang ditempati 1.500 Kepala Keluarga (KK).
Baca juga: Tanggul Roboh, Perumahan PGP Terancam Tenggelam

Tanggul Perumahan Melati Residence Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Tanggul kali di Perumahan Melati Residence Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (10/10/2020) mengalami longsor. Ditambah lagi saat itu hujan lebat sehingga puing longsoran menghambat aliran air kali kemudian menyebabkan banjir yang merendam ratusan rumah.

Ketinggian air yang merendam wilayah Ciganjur sekitar 30 cm. Setelah sebelumnya banjir menerjang kawasan ini mencapai 1,5 meter. Para pengungsi mencapai 500 orang. Tidak hanya menyebabkan banjir besar, reruntuhan tanggul menimbun 4 rumah warga yang ada di bawahnya yang menyebabkan satu orang tewas.
Baca juga: Turap Longsor di Perumahan Melati Residence Ciganjur, Polisi Periksa Pengembang

Tanggul di Cipayung, Pancoran Mas, Depok
Enam titik tanggul dan turap longsor di Jalan Raya Pitara Prapatan, Cipayung Jaya, Pancoran Mas, Depok, 5 Oktober 2020. Bencana longsor lainnya di RT3/8 Cipayung Jaya, Pancoran Mas; Jalan Kutilang RT13/12 Kali Caringin, Perumahan Bukit Sawangan Indah (BSI) 3, Pengasinan, Sawangan. Kemudian, Perumahan BSI RW12, Kali Caringin, Pengasinan, Sawangan; Jalan Karet RW9, Perumahan BSI, Kali Caringin 2, Pengasinan, Sawangan. Turap jebol di saluran induk Angke V, Duren Seribu, Bojongsari, Depok.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2729 seconds (0.1#10.140)