Begini Satgas Covid-19 Bekasi Evakuasi Warga Korban Banjir Terpapar Corona

Senin, 08 Februari 2021 - 18:47 WIB
loading...
Begini Satgas Covid-19 Bekasi Evakuasi Warga Korban Banjir Terpapar Corona
Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi mengevakuasi pasien Covid-19 yang terdampak banjir di Perumahan Trias Estate, Wanasari, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Senin (8/2/2021). Foto: SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi mengevakuasi pasien Covid-19 yang terdampak banjir di wilayah Kabupaten Bekasi. Evakuasi pertama dilakukan di Perumahan Trias Estate, Wanasari, Cibitung, Senin (8/2/2021) saat banjir mulai surut.

Warga terpapar Corona yang rumahnya kebanjiran dievakuasi oleh petugas Puskesmas Wanasari dan dokter Polres Metro Bekasi untuk dipindahkan ke Hotel Ibis Cikarang sebagai isolasi terpusat. Hotel ini disiapkan untuk menampung warga yang terpapar Corona, namun menjadi korban banjir. Baca juga: 11 Kecamatan Terendam, Ini 94 Titik Banjir di Kota Bekasi

Kapolsek Cikarang Barat Kompol Akta Wijaya yang mewakili Kapolres Metro Bekasi, Camat Cibitung Encun Sunarto, serta Lurah Wanasari Sarkum turut menyaksikan proses penjemputan tersebut. Bahkan, mereka melakukan pengawalan hingga menunggu banjir surut baru dilakukan evakuasi beberapa warga yang terpapar Covid.

Saat keluar dari rumah untuk masuk ke ambulans, pasien Covid-19 diberi semangat oleh tetangga, jajaran pemerintah, kepolisian dan TNI. ”Di Perumahan Trias Estate ada sebanyak enam warga Covid-19 dievakuasi ke Hotel Ibis Cikarang,” kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, Senin (8/2/2021).

Enam warga yang terpapar Corona berada di RW 19 dan 21. Selain di wilayah Cibitung, evakuasi pasien Covid-19 yang terpapar Corona juga dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi yang terdampak banjir. ”Seluruh korban banjir yang sedang isolasi mandiri mulai dari positif Covid -19 kategori OTG dan kontak erak wajib dievakuasi,” ungkapnya. Baca juga: Warga Korban Banjir Kabupaten Bekasi Meninggal di Posko Banjir

Hendra mengungkapkan proses evakuasi atau pemindahan dilakukan dikarenakan wilayah perumahan itu terdampak banjir. Dikhawatirkan jika tidak segera dipindahkan akan mengganggu istirahat dan proses pemulihan pasien. Sehingga, saat air banjir mulai surut petugas gabungan langsung mengevakuasi dan khawatir banjir kembali.

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi ini berharap pasien Covid-19 yang tengah isolasi di rumah terdampak banjir segera dipindahkan ke hotel isolasi terpusat yang telah disiapkan. Apalagi, Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi telah menyiapkan 100-200 kamar bagi warga positif Covid-19 dengan kriteria Orang Tanpa Gejala (OTG).
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)