Samsat Cikokol Siap Terapkan Konsep Polri Presisi

Kamis, 04 Februari 2021 - 22:34 WIB
loading...
Samsat Cikokol Siap Terapkan Konsep Polri Presisi
Kantor Samsat Cikokol Kota Tangerang siap menerapkan konsep Polri Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan).Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Cikokol Kota Tangerang siap menerapkan konsep Polri Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan). Konsep ini merupakan cita-cita besar Kapolri Jenderal Pol Listyo Siigit Prabowo.

“Polri Presisi merupakan gagasan cerdas dan luar biasa. Saya sangat mendukung cita-cita Bapak Kapolri ini. Karenanya kami Samsat Cikokol siap menerapkan dan memwujudkan cita-cita Bapak Kapolri ini,” ungkap Kepala Unit Samsat Cikokol Kota Tangerang, AKP Miken Fendriyati dalam keterangan tertulisnya,Kamis (4/2/2021).

Miken mengatakan, sebagai personel Polri yang ditugaskan di bidang pelayanan publik, pihaknya menerjemahkan apa yang menjadi harapan Kapolri, khususnya dalam melaksanakan fungsi pelayanan, yakni memberi pelayanan prima kepada masyarakat. “Saat ini kami sedang melangkah ke tahap pelayanan prima kepada masyarakat. Prinsip ini tentu saja sejalan dengan cita-cita Kapolri, maka kami akan terus menerapkan prinsip ini dalam setiap pelayanan kami,” katanya.

Menurut Miken, makna kata Presisi dalam konteks pelayanan prima dalam bidang pelayanan publik artinya tepat, akurat atau teliti.“Dalam konteks pelayanan prima yang kami mulai wujudkan di Samsat Cikokol, kata Presisi ini lebih diartikan adanya pelayanan tepat, akurat, cepat, transparan dan informatif,” jelasnya.

Di Samsat Cikokol misalnya, selama ini sudah membuka nomor WhatsApp pengaduan publik atau untuk kepentingan-kepentingan mendesak dari masyarakat terkait pelayanan sehingga bisa lebih cepat diatasi. Baca: Sasar Stasiun KA Jabodetabek, Polda Metro Jaya Gencarkan Pembagian Masker Gratis

“Kami juga sudah memasang di titik-titik sentral spanduk larangan mengunakan jasa calo bagi masyarakat. Langkah-lagkah ini tentu bagian dari upaya kami untuk terwujudnya pelayanan prima di Samsat Cikokol ini,” ujarnya.

Miken menuturkan, dalam konteks pelayanan publik, semangat Presisi ini dapat didalami sebagai wujud pelayanan pada masyarakat demokratis, apalagi di era Revolusi Industri 4.0. Hal tersebut dijabarkan dalam implementasi yang prediktif atau dapat dikatakan visioner proaktif antisipatif dan solutif (problem solving).

“Responsibilitas dapat dikatakan sebagai tindakan yang peka, peduli dan berbelarasa serta bertanggung jawab. Transparansi berkeadilan adalah bekerja terukur dapat dilihat dan dipertanggung jawabkan secara moral, secara hukum, secara administratif dan secara fungsional. Dalam standar inilah usaha pelayanan prima hendak kami wujudkan,” ucap Miken.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)