Curhatan Pesepeda: Terpaksa Gotong ke Kantor atau Titip di Pos Satpam

Senin, 01 Februari 2021 - 08:20 WIB
loading...
Curhatan Pesepeda: Terpaksa Gotong ke Kantor atau Titip di Pos Satpam
Pesepeda mengeluhkan minimnya fasilitas sepeda di gedung pemerintah. Selain belum tersedia parkir sepeda, di sana juga keamanan pesepeda belum terjamin. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Fasilitas sepeda di gedung pemerintah sangat minim. Selain belum tersedia parkir sepeda, di sana juga keamanan pesepeda belum terjamin.

Seperti di kawasan Jakarta Barat, dari kantor Wali Kota Jakarta Barat hingga kelurahan tak ada satu pun fasilitas yang terlihat. Ruang bagi pesepeda belum ada. Baca juga: Lagi, Pesepeda Jadi Korban Begal di Jalanan Ibu Kota

Para pesepeda malah harus memarkirkan sepedanya yang berlokasi cukup jauh atau di tempat parkiran motor. Kondisi ini jauh lebih berbahaya, selain berpotensi kehilangan sepeda karena beberapa gedung pemerintah rawan pencurian.

Pesepeda Theo Laturiuw (35) mengakui kerap kesulitan saat mendatangi kantor pemerintahan lantaran banyak gedung tak menyediakan lokasi parkir. “Bukan hanya di Jakarta Barat, tapi hampir semua tempat di Jakarta,” katanya, Senin (1/2/2021).

Saking buruknya fasilitas sepeda membuat dirinya terpaksa harus menggotong sepeda hingga dalam gedung atau dititipkan ke pos petugas keamanan. Baca juga: Anies Tanya Tempatmu Ramah Pesepeda malah ‘Dihajar’ Netizen

Hal sama diungkapkan pesepeda lainnya bernama Hana Suryani. Bila membandingkan fasilitas sepeda di gedung pemerintah dengan pusat perbelanjaan justru mall menyiapkan sarana bersepeda. Selain terdapat jalur hingga ke lobi, kawasan pusat perbelanjaan menyediakan parkiran sepeda. “Kayak Thamrin City, Pondok Indah Mall,” ucapnya.

Karena jauh sebelum mendorong masyarakat bersepeda semestinya Pemprov DKI Jakarta lebih dahulu menyiapkan fasilitas sepeda, khususnya di kantor pemerintahan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)