Tak Hanya Bersejarah, Gedung dan Kawasan di Jakarta Ini Menyimpan Cerita Horor

Kamis, 28 Januari 2021 - 17:18 WIB
loading...
Tak Hanya Bersejarah, Gedung dan Kawasan di Jakarta Ini Menyimpan Cerita Horor
Beberapa gedung dan bangunan tua serta tempat bersejarah menjadi lokasi yang mistis di ibu kota. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tak hanya soal kemacetan dan banjir. Jakarta juga menyimpan sejumlah cerita-cerita horor di dalamnya. Beberapa gedung dan bangunan tua serta tempat bersejarah menjadi lokasi yang mistis di ibu kota.

Beragam cerita hingga penampakan sering kali muncul di tempat tempat itu. Bahkan saking seramnya, banyak orang yang tak berani melintas atau masuk di dalamnya.

Baca Juga: Ngantor Perdana di Bali, Sandiaga Uno Disuguhi Jamu Khas Bali

Berikut kami rangkum sejumlah lokasi lokasi horor yang tersebar dibalik mewahnya megapolitan Jakarta :

1. Villa Andries Hartsinck

Tak Hanya Bersejarah, Gedung dan Kawasan di Jakarta Ini Menyimpan Cerita Horor


Berlokasi di kawasan Palmerah, Villa Andries Hartsinck kini telah berubah fungsi menjadi Polsek Palmerah, Polres Metro Jakarta Barat dan kini masih di tempati.

Baca Juga: Ini Kriteria Calon Kabareskrim Pengganti Listyo Sigit Prabowo

Bangunan yang besar diantara pemukiman lainnya membuat villa ini sangat mencekam. Jendela jendela besar dan pintu besar masih berdiri kokoh di bangunan yang berdiri abad 17 itu.

Beberapa anggota polisi disana kerap diganggu oleh sejumlah penunggu, salah satunya wanita berpakaian putih layaknya nona belanda. Bahkan beberapa polisi yang kerap tertidur saat piket malam seringkali diganggu mulai dilempari, nyalakan lampu hidup mati, hingga dipindahkan.

Baca Juga: Menag Yakin Kapolri Jenderal Listyo Sigit Jamin Toleransi dan Ibadah Umat

2. Mossoleum OG Khow

Tak Hanya Bersejarah, Gedung dan Kawasan di Jakarta Ini Menyimpan Cerita Horor


Berlokasi di TPU Petamburan, Makam OG Khow menjadi satu satunya makam termewah di Asia Tenggara. Bahkan nilai pembangunan makam ini lebih tinggi dari dari miliader Amerika, Rockefeller. (Baca juga; Berjarak 500 Meter dari Rumah Habib Rizieq, Inilah Mausoleum OG Khow Senilai Rp3,2 Miliar )

Dengan lokasinya yang besar dan cukup mencolok di antara makam lainnya di Petamburan. Makam OG Khow juga menyimpan cerita mistis. Sosok wanita berpakaian dress merah seringkali menampakan diri secara samar-samar.

Bahkan beberapa petugas makam TPU Petamburan mengakui bahwa wanita itu kerap mengganggu mereka saat bekerja, mulai dari bernyanyi, tertawa, hingga menampakkan diri sebagai orang lain. Sesekali penampakan beberapa anak anak juga terlihat main di makam itu.

3. Menara Saidah

Tak Hanya Bersejarah, Gedung dan Kawasan di Jakarta Ini Menyimpan Cerita Horor


Sejak ditutup 2007, menara Saidah mulai ditinggalin. Dengan bangunan menjulang tinggi dan tepat di jalanan utama jakarta. Menara Saidah cukup mencolok, dengan gaya bangunannya yang berseni.

Sayang sejak tak digunakan, menara ini mulai dibiarkan hingga akhirnya terbengkalai. Beberapa warga sekitar menyakini di menara Saidah terdapat kerajaan makhluk halus. (Baca juga; Menara Saidah, Gedung Kosong yang Dikabarkan Miring )

Hal itu dikuatkan dengan akun youtube kontributor jakarta yang mewawancari seorang anak indigo. Menurut anak itu, beragam makhluk halus memenuhi kawasan menara Saidah.

4. Monumen Pancasila Sakti

Tak Hanya Bersejarah, Gedung dan Kawasan di Jakarta Ini Menyimpan Cerita Horor


Sebelum dikenal sebagai lokasi pembunuhan para jenderal dalam peristiwa G-30 S/PKI. Lokasi monumen Pancasila Sakti di kawasan lubang buaya, Jakarta Timur, sudah lebih dulu angker.

Selain karena masih berupa alas atau hutan, kawasan ini kerap ditemukan buaya. Karena itu banyak orang tua melarang anaknya main di sana karena takut diterkam buaya.

Kondisi ini diperburuk dengan Peristiwa G 30/S PKI yang terjadi di tahun 1965. Sejumlah jenderal TNI dibunuh dan jenazahnya dimasukkan ke dalam sumur kecil.

Hingga kini, banyak warga yang kerap diganggu, mulai dari teriakan minta tolong, penampakan dengan muka hancur, hingga tarian dan barisan tentara maupun anggota tentara maupun Gerwani PKI.

5. Museum Fatahillah

Tak Hanya Bersejarah, Gedung dan Kawasan di Jakarta Ini Menyimpan Cerita Horor


Kawasan Museum Fatahillah dikenal cukup angker. Meski dekat dengan pesisir Jakarta, namun museum ini sangatlah mistis.

Di tempat itu, lingkungan dalam museum tampak lembap dan berbau pengap. Lantai lantai yang masih terbuat dari kayu jati besar menandakan aura yang berbeda. Mencekam dan angker.

Baca Juga: Disimak ya, Begini Cara Daftar Listrik Gratis Februari 2021

Menurut penjaga museum, saat malam hari di waktu tertentu. Terdengan riuh orang rapat dengan menggunakan bahasa Belanda di salah satu ruangan Gedung Fatahillah.

Saat ditelusuri dan dilakukan pemeriksaan. Tak ada satu pun orang di ruangan itu. Tak hanya itu, suara langkah kaki dari lantai tiga gedung seringkali terdengar jelas.

6. Gedung Freemason Kimia Farma

Tak Hanya Bersejarah, Gedung dan Kawasan di Jakarta Ini Menyimpan Cerita Horor


Gedung yang berada di jalan Budi Utomo, Jakarta Pusat ini awalnya digunakan untuk pertemuan anggota Freemason (Vrijmetselaar), yakni gerakan yang menjadi kaki tangan zionisme di Indonesia.

Sejak Indonesia merdeka, gedung ini kemudian di Nasionalisasi dan di jadikan kantor pusat Kimia Farma.

Meski kantor pusat, tak seorang pun yang berani tinggal di gedung itu usai magrib. Para pekerja kimia farma memilih untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah atau menundak esok harinya.

Bahkan saking angkernya, petugas keamanan di sana juga tak sekalipun berani masuk saat malam hari. Karena itu saat malam, penjagaan keamanan murni menggunakan cctv di sana.

Banyak cerita menyebut, penampakan orang orang dengan wajah berdarah seringkali terlihat di sejumlah ruangan gedung. Selain itu beberapa ojek online juga kerap diganggu dengan adanya order dari maupun menuju gedung.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)