Kolaborasi Sekolah Samaria dan Heka Leka Atasi Kesenjangan Pendidikan Anak

Jum'at, 04 Desember 2020 - 12:03 WIB
loading...
Kolaborasi Sekolah Samaria dan Heka Leka Atasi Kesenjangan Pendidikan Anak
Program Skola Pela mendapat dukungan dari Kemendikbud melalui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Iwan Syahril yang menerima perwakilan Sekolah Samaria dan Heka Leka di Jakarta, Rabu (2/12/2020). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Data statistik Kemendikbud tahun 2019 menyebutkan jumlah lulusan SD di Indonesia yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP mencapai 730.000 anak.

Jumlah yang sangat besar ini menunjukkan tren yang terus meningkat setiap tahunnya. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya kapasitas tenaga pengajar yang masih sangat terbatas.

Memasuki masa pelayanan ke-50 tahun pada Januari 2021, Yayasan Pendidikan POUK Tomang, Sekolah Samaria terpanggil untuk menjawab kesenjangan pendidikan anak Indonesia sejalan dengan program Wajib Belajar pemerintah. (Baca juga: Kemendikbud Kampanyekan 3M melalui 77 Bahasa Daerah)

Bekerjasama dengan Yayasan Heka Leka di Maluku, kedua institusi ini membentuk program bernama Skola Pela. Sebuah platform kolaborasi antarsekolah yang melibatkan partisipasi guru untuk dapat saling berbagi, bersama-sama meningkatkan kualitas dan kapasitas pengajaran terhadap murid.

Program Skola Pela mendapat sambutan hangat dari Yayasan DR.J.B. Sitanala yang menaungi SMPK Saparua di Maluku. “Kami sangat berterima kasih dengan adanya program Skola Pela. Ini adalah jawaban dari pergumulan besar kami dalam usaha meningkatkan mutu pengajaran murid di provinsi ini,” ujar Pdt. Mesakh Tomasoa, S.Th selaku kepala cabang Yayasan YPPK Dr.J.B. Sitanala melalui siaran persnya, belum lama ini.

SMPK Saparua dipilih menjadi sekolah pertama dalam program Skola Pela. Dalam program ini, guru SMP Samaria di Jakarta dan SMPK Saparua akan saling berbagi soft skills secara daring.

Program Skola Pela mendapat dukungan dari Kemendikbud melalui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Iwan Syahril yang menerima perwakilan Sekolah Samaria dan Heka Leka di Jakarta, Rabu (2/12/2020). (Baca juga: Ini Apresiasi Kemendikbud untuk Guru Inovatif dan Inspiratif)

“Makna nilai Pela dari kebudayaan Maluku mengajarkan tentang persaudaraan yang erat dalam memelihara kehidupan bersama tanpa melihat perbedaan yang ada. Semoga makna nilai Pela ini menjadi semangat untuk mendorong kolaborasi aktif antarsekolah demi meningkatkan mutu dan kapasitas guru di kota dan di daerah,” ujar Iwan.

Penandatanganan Nota Kesepahaman/MoU antara Yayasan POUK Tomang/Sekolah Samaria dan Yayasan Heka Leka dilaksanakan pada Kamis, 3 Desember 2020 dan digelar di Sekolah Samaria, Tomang, Jakarta.

Penandatanganan MoU diawali dengan webinar oleh Weilin Han, konsultan Pembelajaran Dirjen GTK, juga dihadiri guru Sekolah Samaria dan perwakilan Kemendikbud.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)