Usai Terima Surat Habib Rizieq, Bima Arya: Privasi Pasien Yes, tapi Koordinasi Juga Penting

Sabtu, 28 November 2020 - 19:47 WIB
loading...
Usai Terima Surat Habib Rizieq, Bima Arya: Privasi Pasien Yes, tapi Koordinasi Juga Penting
Wali Kota Bogor Bima Arya.Foto/SINDOnews/Dok
A A A
BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto merespons permintaan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang enggan mempublikasikan hasil tes swabnya. Putusan itu memang adalah hak pasien, tetapi koordinasi juga penting dilakukan.

"Bagaimanapun saya kira koordinasi dengan rumah sakit itu penting. Privasi pasien adalah yang utama dan harus diperhatikan, yes. Tapi koordinasi, sinergi, kolaborasi juga penting," kata Bima di kediamannya di Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (28/11/2020).

Bima pun mengaku telah mendapat surat yang ditandatangi langsung oleh Habib Rizieq perihal hasil swab yang telah dijalaninya. Isi surat itu berisi penolakan memberi hasil swab tes ke Pemkot Bogor.

"Baru saja 15 menit yang lalu, saya menerima surat pernyataan yang ditanda tangani oleh Habib rizieq yang menyatakan bahwa beliau tidak mengizinkan hasilnya untuk diketahui oleh Pemkot," jelas Bima. (Baca: Habib Rizieq Enggan Beritahu Hasil Swab, Bima Arya Akan Tempuh Jalur Hukum)

Padahal, kesepakatan awal antara Pemkot Bogor dengan pihak keluarga Habib Rizieq di RS Ummi Kota Bogor tadi malam akan dikoordinasikan bersama. Namun, nyatanya kesepakatan itu tidak dipenuhi.

"Kami menunggu hasil dari lab yang melakukan PCR test terhdap Habib Rizieq seperti yang disepakati dengan keluarga tadi malam. Jadi pihak keluarga, pihak RS menyepakati hasil PCR akan dikordinasikan bersama Pemkot dan harus disepakati lembaganya itu valid, terverifikasi dan tersertifikasi," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)