Banyak Laporan Listrik Padam di Bekasi, Begini Penjelasan PLN

Jum'at, 27 November 2020 - 08:08 WIB
loading...
Banyak Laporan Listrik Padam di Bekasi, Begini Penjelasan PLN
Perbaikan salah satu ruas jalan membuat aset PLN terkena imbasnya hingga membuat listrik padam.Foto/SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - PLN UP3 Bekasi menyatakan, satu bulan terakhir ini banyak masyarakat dan perkantoran mengeluhkan seringnya listrik padam di Kota Bekasi. Setelah ditelusuri penyebab listrik kerap padam karena adanya sejumlah kegiatan perbaikan jalan yang berimbas kepada terkenanya aset milik PLN.

Manager Bagian Jaringan PLN UP3 Bekasi, Deni Cardiana mengatakan, sepanjang November 2020 ini pihaknya kerap menerima laporan terjadinya padam listrik di sejumlah titik Kota Bekasi."Setelah kami lakukan penelusuran penyebab padamnya listriknya akibat material, ada beberapa juga yang disebabkan karena kegiatan pekerjaan pembangunan khususnya perbaikan jalan di seputaran Kota Bekasi," kata Deni Cardiana, Kamis (26/11/2020).

Deni mencotohkan, di depan Mall BTC, Jalan Joyo Martono, Bekasi Timur, Kota Bekasi, listrik mengalami padam lantaran adanya kegiatan perbaikan jalan atau pemasangan unit."Aset kita terkena kegiatan becko sehingga menyebabkan ganguan," ujarnya. (Baca: Gudang Pengecer Elpiji Meledak, Satu Warga Luka Bakar)

Deni melanjutkan, padam listrik di wilayah Mustikajaya dan Bekasi Utara beberapa waktu lalu dikarenakan adanya perbaikan jalan dibarengi dengan proyek galian milik pemerintah daerah mengenai aset milik PLN hingga terjadinya pemadaman listrik.

Deni meminta kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan komunikasi jika ada proyek infrastruktur. Hal itu guna meminimalisir adanya gangguan kelistrikan yang berdampak pada masyarakat luas. Menurut Deni, Pemerintah Kota Bekasi sejatinya sudah membuka komunikasi, hanya saja untuk proyek-proyek dengan skala besar.

Tetapi, informasi proyek infrastruktur perbaikan jalan belum didapati. Dia menegaskan kepada pemerintah daerah untuk terus berkomunikasi dalam bentuk apapun apabila sedang menjalankan proyek galian atau perbaikan jalan. Sehingga, PLN dapat membantu memonitoring kegiatan pemerintah daerah."Seandainya ada koordinasi mungkin kami bisa mengawal, sehingga kejadian yang merusak aset PLN bisa kita cegah lebih awal," tuturnya.

Deni mencatat, pada bulan November 2020 ini telah terjadi 18 kali trip fider. Hanya saja, 13 trip fider itu adalah dampak dari terganggunya aset PLN akibat dampak pembangunan atau galian infrastruktur jalan skala kecil."Jadi masyarakat tahunya itu kalau listrik padam ya karena PLN. Padahal ada gangguan aset kita," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6091 seconds (0.1#10.140)