Satgas TNI AL Evakuasi 42 ABK WNI Kapal MV Viking Orion

Senin, 11 Mei 2020 - 20:00 WIB
loading...
Satgas TNI AL Evakuasi 42 ABK WNI Kapal MV Viking Orion
Sebanyak 42 anak buah kapal (ABK) Kapal Pesiar MV Viking Orion dievakuasi Satgas Evakuasi dari TNI AL di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Sebanyak 42 anak buah kapal (ABK) Kapal Pesiar MV Viking Orion dievakuasi Satgas Evakuasi dari TNI Angkatan Laut (AL) di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Senin (11/5/2020). Puluhan ABK ini selanjutkan melakukan swab test massal.

Komandan Lantamal III Jakarta, sekaligus Dansatgas Evakuasi, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto mengatakan, proses evakuasi berjalan dengan protokol yang berlaku. "Kita telah evakuasi 42 ABK Kapal MV Viking Orion, yang terdiri dari satu perempuan dan 41 laki-laki. Setelah melakukan proses evakuasi, sesuai dengan protokol Covid-19, maka setelah turun ABK langsung dilakukan swab," kata Hermanto di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/5/2020).

Sambil menunggu hasil dari test swab, lanjut Hermanto, 42 ABK akan dilakukan isolasi mandiri di Hotel Pullman. "Menunggu hasil tes, 4-5 hari mereka akan kita isolasi di Hotel Pullman, Jakarta Barat. Jika hasilnya negatif maka kita pulangkan ke kampung halamannya. Namun kalau positif kita akan kirim ke RSD Wisma atlet," ujarnya. (Baca: Cegah Covid-19, Stasiun Bojonggede dan Pasar Bogor Dilakukan Swab Test Massal)

Sebelum berlabuh di Jakarta, kapal berbendera negara Norwegia ini telah melakukan perjalanan dari Singapura. Sebelum menuju Jakarta, Kapal terlebih dahulu menurunkan 30 ABK WNI asal Bali dan lanjut ke Jakarta. "Ini adalah kapal pesiar ke tujuh yang telah kami evakuasi dan masih ada dua kapal lagi yang akan bersandar nantinya," ucap Hermanto.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)