MNC Peduli Kolaborasi dengan Pemprov DKI dan APJATEL Sediakan Internet Gratis di RPTRA Bahari

Kamis, 26 November 2020 - 15:20 WIB
loading...
MNC Peduli Kolaborasi dengan Pemprov DKI dan APJATEL Sediakan Internet Gratis di RPTRA Bahari
Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo memperhatikan siswa saat program internet gratis di RPTRA Bahari, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (26/11/2020). SINDOnews/Ari Sandita Murti
A A A
JAKARTA - MNC Group melalui MNC Peduli berkolaborasi dengan Pemprov DKI dan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) untuk menyediakan internet gratis di RPTRA Bahari, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (26/11/2020)

Pemasangan internet gratis yang berlokasi di RPTRA Bahari, Gandaria Selatan tersebut diresmikan oleh Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo, Director of OTT Product, Marketing & Programming MVN, Clarissa Tanoesoedibjo, Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata, Ketua Umum APJATEL, M Arif Angga, dan Wakil Camat Cilandak, Encu Suhani.

Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, sebagaimana diketahui, selama pandemi COVID-19 ini, masyarakat Jakarta pun terdampak krisis, khususnya berkaitan pendidikan. Sebab, selama pandemi ini, berbagai kegiatan pun dilakukan di rumah secara online, baik persoalan pekerjaan maupun persoalan pembelajaran anak-anak sekolah dan mahasiswa. (Baca juga; MNC Peduli Beri Bantuan Saluran Air Bersih untuk Musala di Depok )

Untuk itu, kata dia, ketersediaan internet pun menjadi penting sehingta MNC Pedeli pun berinisiatif menggandeng Pemprov DKI dan APJATEL untuk menyediakan internet gratis bagi warga Jakarta, salah satunya di kawasan Gandaria Selatan ini. Dengan begitu, anak-anak sekolah dan masyarakat di Gandaria Selatan bisa mendapatkan manfaatnya dengan adanya ketersediaan fasilitas internet gratis itu.

"Adanya peresmian internet gratis atau Jak wifi di Gandarai Selatan ini, kami MNC Peduli bangga karena bisa jadi bagian perpanjangan tangan di bidang sosial. Utamanya di masa pandemi, salah satu peran yang kami ambil menggandeng pemerintah dan organisasi lainnya untuk meringankan beban saudara yang terdampak pandemi," ujarnya pada wartawan, Kamis (26/11/2020).

MNC Peduli Kolaborasi dengan Pemprov DKI dan APJATEL Sediakan Internet Gratis di RPTRA Bahari


Menurut dia, selama pandemi ini, MNC Peduli juga melakukan kegiatan lainnya dalam membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19. Misalnya saja, pemberian alat kesehatan pada 310 institusi kesehatan dan pemberian sembako. MNC Group melalui MNC Peduli bakal terus berusaha berpartisipasi memberikan bantuan di mana pun dan pada siapapun yang membutuhkan.

Sementara itu, Director of OTT Product, Marketing & Programming MVN, Clarissa Tanoesoedibjo menerangkan, MVN pun senang bisa berkontribusi dalam pemberian internet gratis itu lantaran MVN bagian dan bisnis media yang mengoperasikan televisi berbayar, jaringan broadband, dan konten siaran di Indonesia dengan berbagai brandnya. Pasalnya, ineternet saat ini menjadi bagian terpenting dalam mendukung kegiatan pendidikan secara online.

"Maka itu, melalui CSR ini, MVN percaya sebagai koorporasi kita ikut bertanggung jawab ikut serta menyejahterakan masyarakat," tuturnya. (Baca juga; Hari Pelajar Sedunia, MNC Peduli dan Essilor Berikan Kacamata Gratis )

Selain menjadi sarana pendukung proses pembelajaran online selama pandemi, paparnya, warga Gandaria Selatan juga bisa mendapatkan layanan global streaming dan tv serial melalui aplikasi Visionplus. Sebabnya, di dalam aplikasi itu terdapat beragam serial televisi Indonesia dan Internasional dengan berbagai macam genrenya juga.

"Vision plus juga menyediakan saluran hiburan anak dan channel B Smart, yang mana saluran bimbingan belajar yang menampilkan tayangan pendidikan dengan mata pelajaran Matematika, IPA, B Inggirs, dan B Indonesia. Bahkan, tayangannya telah sesuai kurikulum Indonesia dan bisa dipakai sebagai bekal ujian nasional," katanya

Dia berharap, adanya penyediaan internet gratis itu bisa memberikan manfaat bagi anak sekolah, mahasiswa, pekerja, dan masyarakat di Gandaria Selatan dalam menjalani aktivitasnya secara online itu melalui internet yang berkualitas. Ke depan, pihaknya juga bakal memberikan layanan internet gratis pula di lokasi lainnya.

Sementara itu, Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata menambahkan, Pemprov DKI Jakarta sangat berterima kasih dan mengapresiasi kolaborasi demi menyediakan internet gratis di Gandaria Selatan itu. Pasalnya, program itu sekaligus wujud kepedulian MNC Group untuk turut mensukseskan program kerja Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan layanan wifi yang bisa diakses warga Jakarta.

MNC Peduli Kolaborasi dengan Pemprov DKI dan APJATEL Sediakan Internet Gratis di RPTRA Bahari


"Kita sadari berlangsungnya covid ini kebutuhan akan akses internet sangat di utamakan seperti bagi para pekerja yang melaksanakan WFH atau pelajar dan mahasiswa yang harus menerima program materi pembelajaran dari rumah serta kegiatan atau meting yang kerap dilakukan virtual dan semua itu membutuhkan jaringan akses internet," jelasnya.

Dia menjabarkan, sejak pandemi COVID-19, kebutuhan akses internet masyarakat Jakarta semakin tinggi yang mengakibatkan cara berinteraksi berubah dan kebutuhan berubah menjadi digital driven city dengan ikut cara beraktivitas dan pola komunikasi dengan warga. Pemprov DKI punya program penyediaan jaringan akses internet secara gratis atau wifi gratis sehingga pihaknya juga mengajak dunia asosiasi, dunia usaha, dan lembaga serta privat sektor lainnya untuk bisa kolaborasi dalam penyediaan program itu.

"Adanya internet gratis atau wifi gratis bisa memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas di tengah berlangsungnya pandemi covid. Kami juga harapkan APJATEL sebagai wadah dan tempat berkumpulnya badan usaha dan perorangan terus memberikan peran dan kontribusi dalam mengembangkan industri internet dan telekomunikasi yang dapat dirasakan manfaatnya bagi warga kota Jakarta," katanya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)