Kafe Jamu Unik Acaraki Jadi Tempat Kongkow Vlogger Buat Bikin Konten

Sabtu, 07 November 2020 - 14:38 WIB
loading...
Kafe Jamu Unik Acaraki Jadi Tempat Kongkow Vlogger Buat Bikin Konten
Bang igon salah satu Youtuber yang sedang kongkow di kafe ini, Sabtu (7/11/2020). Foto: Yan Yusuf/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Di masa pandemi Covid 19 perkembangan industri jamu menunjukkan tren positif. Olahan tradisional asli Indonesia ini mampu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tidak mudah terserang virus.

Namun, citra jamu kerap kali dikaitkan dengan kesan jadul, sehingga kalangan muda masih enggan melestarikannya. Nah, kini ada kafe jamu yang harus anda coba, karena tidak saja harga nya terjangkau, tapi juga sangat instagramable. Sehingga cocok buat gaya hidup sehat anak muda masa kini.

Namanya, Kafe Acaraki, yang menyajikan minuman tradisional Indonesia yaitu jamu dengan tehnik menyajikannya seperti membuat kopi. Di Acaraki jamu dibuat seperti kopi yang diolah di kafe-kafe, mulai dari diroasting, digrinder hingga diseduh dengan teknik kopi. Menariknya ada 8 teknik penyeduhan jamu di Acaraki ini, dan semuanya adalah teknik yang biasa digunakan untuk membuat kopi manual.

Moka pot, V60, French Press, cold drip, sifon, rockpresso, flareso, dan aero press adalah sejumlah teknik yang disebutkan oleh para peracik jamudi kafe ini. ( )

"Minuman Favorit saya di acaraki itu Golden Sparkling, campuran kunyit asam, gula, dan soda, setiap datang ke Kota Tua pastinya saya mampir ke Acaraki ngejamu cantik sambil selfie disini. Karena cafe ini unik dan bergaya vintage, sebagai orang indonesia gw patut bangga karena ini adalah cafe jamu pertama di Dunia yang menyajikan secara manual," kata Bang igon salah satu Youtuber yang sedang kongkow di kafe ini, Sabtu (7/11/2020).

Bang Igon Youtuber yang kerap menyajikan konten berita kriminal dan sosial dengan tagelinenya 'buka Mata, Buka Telinga Karena Kejahatan Ada Disekitar Kita' ini selalu meluangkan waktunya ke kafe Acaraki usai membuat konten. “Tempatnya bagus, bagus buat bikin video, instagramable, bagu buat foto-foto. Yang pasti jamu ini bagus buat jaga stamina, apalagi di masa pandemi kita harus jaga kesehatan,” ucapnya.

Kafe Acaraki berlokasi di Gedung Kertaniaga, persis di sebelah Museum Fatahillah kawasan Kota Tua Jakarta. Keberadaan kafe ini kurang lebih sudah 2 tahun karena keunikan penyajian Jamu di olah seperti kopi menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak diserbu Foodies dan Vlogger untuk bikin konten di sini.

Jadi, jangan gengsi lagi minum jamu karena di kawasan Kota Tua, Jakarta ada kafe jamu. Di sini bisa nongkrong. sambil menikmati racikan jamu berkhasiat. Kafe Acaraki menyuguhkan jamu yang dihadirkan dengan konsep modern tanpa menghilangkan komposisi dan khasiat aslinya. ( )

Acaraki sendiri adalah sebutan atau gelar yang disematkan pada orang yang ahli meracik jamu. Profesi herbalis ini sudah digunakan sejak era Majapahit kuno. Nama ini yang coba dipopulerkan kembali, mengingat saat ini banyak millenial yang memandang jamu sebagai minuman kuno.

Di akhir pekan banyak anak muda duduk santai di kafe berkonsep modern vintage ini sambil menikmati segelas kunyit asam atau beras kencur. Pemandangan yang unik. Di bar kita bisa melihat dengan jelas bagaimana jamu diracik. Di meja bar ini tertata rapi berbagai alat yang biasanya terlihat di coffee shop. Ada grinder, alat saring V60 hingga rok espresso.

Telihat jelas, pemilik kafe memang mau menghadirkan pengalaman minum jamu yang berbeda dari biasanya. Jamu diseduh dengan teknik dan alat yang biasa digunakan untuk membuat kopi manual brew. Dengan ramah, pelayan menjelaskan pada kami beberapa menu jamu andalan di kafe ini. Jadi tunggu apalagi, selain sehat kafe ini cocok untuk kongkow kawula muda.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4044 seconds (0.1#10.140)