PDI Perjuangan Nilai Penghargaan STA DKI Bukan Hasil Kinerja Anies

Minggu, 01 November 2020 - 20:04 WIB
loading...
PDI Perjuangan Nilai Penghargaan STA DKI Bukan Hasil Kinerja Anies
Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak menilai, penghargaan dari Sustainable Transport Award (STA) 2021 yang diperoleh Jakarta, bukan kinerja Anies Baswedan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak menilai, penghargaan dari Sustainable Transport Award (STA) 2021 yang diperoleh Jakarta sebagai kota terbaik di dunia dalam penyediaan pelayanan transportasi publik, bukan kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan . Penghargaan itu didapat atas kerja sejumlah Gubernur sebelum masa kepemimpinan Anies Baswedan.

"Gubernur Anies hanya melanjutkan kinerja Gubernur sebelumnya dalam bidang transportasi," kata Gilbert Simanjuntak kepada wartawan, Minggu (1/11/2020). (Baca juga; Transportasi DKI Terbaik di Dunia, Fahira Idris: Kuncinya Paham Masalah dan Formulasi Solusi Tepat )

Menurut dia selama tiga tahun masa kepemimpinan Gubernur Anies, transportasi Jakarta tidak banyak berkembang. Bahkan, program angkutan umum terintegrasi lewat Jak Lingko juga disebut masih bermasalah. (Baca juga; DKI Ingin Serahkan Pengelolaan LRT ke Swasta, PDIP Curiga Ada Deal Lain )

Gilbert menjelaskan, Transjakarta pertama kali muncul oleh gagasan Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, lalu Light Rail Transit (LRT). Kemudian Mass Rapid Transit (MRT) juga sudah dibikin sejak era Sutiyoso hingga masa kepemimpinan Joko Widodo dan diteruskan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
PDI Perjuangan Nilai Penghargaan STA DKI Bukan Hasil Kinerja Anies

Integrasi moda itu, kata Gilbert sudah ada dalam Pola Transportasi Makro yang diatur dalam Perda Transportasi 2014. Dia pun menantang Gubernur Anies untuk mengakui secara terbuka ke publik bahwa semua model transportasi di Jakarta sekarang ini lahir dari idenya.

Dia yakin Anies tak berani melakukan hal ini sebab tahu, penggagas semua jenis angkutan ini bukan lahir dari hasil pemikiran dia. "Jadi itu sebenarnya bukan hasilnya dia. Berani nggak dia mengatakan bahwa itu hasil kerja dia selama tiga tahun maka dia menjadi dapat penghargaan," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, DKI Jakartakembali meraih penghargaan di bidang transportasi. Kali ini Jakarta meraih penghargaan di bidang Transportasi Berkelanjutan 2021 berdasarkan penilaian dari Institute for Transportation and Development Policy (ITDP).

Sebelumnya, Komite Sustainable Award (STA) menganugerahkan Jakarta sebagai "Honorable Mention" diajang Sustainable Transport Award 2020 di Washington DC, Amerika Serikat, pada 14 Januari 2020. Kali ini, ITDP menyebutkan bahwa Indonesia telah memenangkan penghargaan transportasi berkelanjutan pada 2021. ITDP menyampaikan selamat kepada Pemprov DKI Jakarta atas prestasinya di bidang transportasi umum, khususnya moda transportasi bus Transjakarta.

"ANNOUNCEMENT: Jakarta, Indonesia has won the 2021 Sustainable Transport Award! Congratulations to the city for their exemplary achievements in public transportation, particularly with Transjakarta #BRT. @DKIJakarta @aniesbaswedan @itdpindonesia #mobilize2020," tulis ITDP melalui akun twitternya, @ITDP_HQ, Sabtu (30/10/2020).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)