Puncak Arus Balik Diprediksi Hari Ini dan Besok, Polisi Susun Skenario

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 13:03 WIB
loading...
Puncak Arus Balik Diprediksi Hari Ini dan Besok, Polisi Susun Skenario
Libur panjang segera berakhir. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memastikan arus balik dimulai sejak hari ini dan esok. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Libur panjang segera berakhir. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memastikan arus balik dimulai sejak hari ini dan esok.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, prediksi ini diketahui dari adanya peningkatan kendaraan. "Arus balik kita perkirakan sudah ada peningkatan hari Sabtu dan Minggu," ujarnya, Sabtu (31/10/2020). (Baca juga: Tren Pulang Kampung Naik Bus Menurun)

Untuk mengantisipasi peningkatan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran Polda Jawa Barat. "Kita akan berjaga dan memantau apakah peningkatan jumlah arus yang masuk Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama," kata Sambodo.

"Artinya kendaraan dari arah Bandung dan Palimanan dari arah Jawa Tengah jika memang sudah terjadi peningkatan kita perkirakan setengah sudah masuk wilayah Polda Metro Jaya untuk kita lakukan upaya-upaya. Kalau bisa kita ukur dan lancarkan," sambungnya.

Pihaknya telah menyiapkan beberapa skenario pengamanan. Sebanyak 645 pos pengamanan dengan 160.916 personel dikerahkan di titik-titik ruas jalan arteri maupun tol hingga lokasi-lokasi tempat wisata. (Baca juga: Objek Wisata Andalan DKI Sepi Selama Libur Panjang, Parekraf: Banyak ke Luar Kota)

Polisi juga membuat beberapa skenario rekayasa lalu lintas di ruas jalan tol seperti ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, pengaturan buka tutup di rest area, menambah petugas card reader di pintu tol hingga pelarangan truk di atas tiga sumbu melintas di tol Jakarta-Cikampek selama libur panjang.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)