Anies 'Pamer' Baju Batik, Pujian Netizen Bikin Hati Meleleh

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 15:45 WIB
loading...
Anies Pamer Baju Batik, Pujian Netizen Bikin Hati Meleleh
Gubernur DKI Anies Baswedan mengenakan batik buatan Imang Jasmine Batik, seorang sahabatnya yang hingga kini tetap membatik sendiri di rumahnya. Foto: Facebook/Ist
A A A
JAKARTA - Hari ini Jumat, 2 Oktober, semua peserta rapat di Balai Kota DKI Jakarta, mengenakan batik, dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional. Gubernur DKI Anies Baswedan membagikan momentum tersebut di akun media sosialnya.

Anies mengatakana, tradisi memakai batik pada awalnya adalah terobosan. Sebuah terobosan yang kemudian diterima, diakui, hingga menjadi kebiasaan baru. (Baca juga: Waspada! Negara Lain Coba Membajak Batik Indonesia)

"Batik asalnya digunakan sebagai kain “jarik” (bawahan). Pakemnya dulu, kaum lelaki selalu memakai baju kemeja polos ataupun lurik dan tidak berkemeja dengan bermotif “gambar”. Suatu saat ada yang mengambil langkah kebaruan, di luar kebiasaan. Perancang busana menggunakan kain hasil membatik itu bukan sebagai jarik, tapi jadi kemeja bagi lelaki," tulis Anies, sebagaimana dikutip dari akun Facebook-nya, Jumat (2/10/2020) siang.

Anies 'Pamer' Baju Batik, Pujian Netizen Bikin Hati Meleleh


Hal itu tentu mengejutkan, karena menerobos kebiasaan, menerobos tradisi. Pastinya banyak pihak menyebut itu adalah "pelanggaran pakem". Kini sejarah pelanggaran itu tak ada lagi yang tahu dan diingat. Bahkan hari ini batik pun bisa digunakan menjadi masker.

"Jadi teruslah melakukan terobosan, yang membawa kebaruan dalam budaya. Tentu setelah terlebih dahulu melalui proses mengenal dan memahami tradisi yang ada," kata Anies. (Tonton Video: Sejarah Batik di Indonesia yang Dikenal Sejak Zaman Majapahit)

"Apresiasi pada semua dan setiap pembatik di Indonesia yang terus menerus mengembangkan batik; memang tugas kita bukan hanya berkomitmen untuk sekadar melestarikan tradisi/budaya, tapi kita harus terus mengembangkan dan memajukan budaya," tutup Anies.

Anies 'Pamer' Baju Batik, Pujian Netizen Bikin Hati Meleleh


Hari ini ini Anies mengenakan batik buatan Imang Jasmine Batik, seorang sahabatnya yang hingga kini tetap membatik sendiri di rumahnya. Kontan, batik yang dikenakan orang nomor 1 di DKI itu mendapat pujian dari netizen.

"Batik pak Anies keren..sekeren orangnya...sehat2 trus y pak" tulis pemilik akun @Elvyra Yulia. "Kereeenn euy batikna....kalo dah bosen...bisa hibahkan ke saya pak Anies Baswedan," celoteh pemilik akun @OmDhe Ferry.

Pujian juga datang dari pemilik akun @Titi Herlina. "Kerenn. Corak batiknya bagus2, warnanya jg bagus, apalg yg pakai orangnya manis seperti Pak Anies. Selamat hari Batik Nasional ya Pak, Semoga Batik Nasional makin dicintai & dikagumi terlebih oleh mancanegara".

"Narasi yang kuat dan bekualitas, mengajarkan pd kita tak masalah menerobos kebiasaan menjadi hal yang tak lazim tapi memberi manfaat dan kebahagiaan serta keabadaian...sehat selalu gubernur indonesia, mengedukasi, menabur kemanfaatan dan kebaikan," tulis @Idrus Hadi AlJufri.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0743 seconds (0.1#10.140)