Tak Pasrah Hadapi Pandemi, Warga Rorotan Manfaatkan Lahan Kosong untuk Berkebun

Sabtu, 05 September 2020 - 13:07 WIB
loading...
Tak Pasrah Hadapi Pandemi, Warga Rorotan Manfaatkan Lahan Kosong untuk Berkebun
Tim Penggerak PKK Jakarta Utara mengunjungi langsung area perkebunan yang dikelola KWT Cempaka RW 01. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Dimasa pandemi Covid-19 warga dituntut kreatif untuk menghidupkan ekonomi keluarga. Sebab pandemi Covid-19 telah membuah sektor ekonomi terpukul sehingga banyak masyarakat terkena dampaknya.

Apa yang dilakukan warga lingkungan RW 01, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, ini patut dicontoh. Mereka berhasil meningkatkan kegiatan ekonomi sekaligus menjaga ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong untuk mengembangkan sektor pertanian dan perikanan.

Sejauh ini mereka sudah berhasil panen beberapa kali dari hasil kebun. Hasil kebun yang sudah masuk masa panen di antaranya jagung, kacang panjang, cabai, dan jeruk purut.

Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara mengunjungi langsung area perkebunan yang dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Cempaka RW 01 itu. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Suni Sigit Wijatmoko, mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh warga. (Baca juga: Warga Jakarta Utara Panen Raya Sayuran Urban Farming secara Virtual)

"Lingkungan RW 01 Rorotan memiliki warga yang guyub dan terpacu untuk mengelola potensi yang ada. Bukan hanya berbagai jenis tanaman melainkan juga pengembangan sektor perikanan," ujar Suni, Sabtu (5/9/2020)

Menurut Suni, suasana perkebunan seperti ini jarang bisa ditemukan di Kota Jakarta. Untuk itu warga RW 01 Rorotan menggali potensi yang ada. "Dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian dan menjaga ketahanan pangan keluarga," katanya. (Baca juga: Covid-19 Hancurkan Ekonomi, Penduduk Malawi Makan Tikus)

Sementara itu, Ketua RW 01 Rorotan, Rully, menjelaskan, KWT Cempaka RW 01 Rorotan termasuk binaan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Utara dan dikembangkan oleh KWT Cempaka RW 01 Rorotan. "Sejak 12 Juli kami sudah memanen hasil kebun dan hari ini ada sebagian tanaman yang bisa dipanen, seperti jagung, cabai, dan kacang panjang," tukasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)