Takut Kena Corona, Ribuan Pengidap Flu Biasa Lapor ke Dinkes DKI

Kamis, 05 Maret 2020 - 08:50 WIB
Takut Kena Corona, Ribuan Pengidap Flu Biasa Lapor ke Dinkes DKI
Takut Kena Corona, Ribuan Pengidap Flu Biasa Lapor ke Dinkes DKI
A A A
JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyoroti lonjakan laporan soal dugaan gejala virus Corona. Peningkatan aduan dilatarbelakangi dua warga Depok yang positif Corona.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menuturkan, dalam rentang dua hari pihaknya menerima lebih dari 2.000 laporan masyarakat. Meski ada ribuan 2.000 laporan, Dinkes menegaskan tak semuanya mengalami gejala seperti virus Corona.

“Mereka hanya menderita flu biasa, tapi adanya informasi Indonesia positif Corona membuat panik dan meminta konsultasi ke Dinkes DKI,” ujar Widyastuti di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Adanya laporan tersebut langsung ditindaklanjuti dengan pemeriksaan. “Dinkes bisa tahu mana yang sebetulnya misalkan suspect atau flu biasa,” kata Asisten Kesra DKI Jakarta Catur Laswanto.

Laporan yang meningkat tajam hanya dalam dua hari ini lantaran masyarakat terganggu secara psikologis atau paranoid. “Karena ini kan persoalan psikologi, gitu loh. Soal ketakutan, panik,” ucapnya. (Baca juga: Tambahan Dua RS Rujukan Corona di DKI Tunggu Assessment Kemenkes)

Berdasarkan data Dinkes DKI diketahui warga Jakarta yang terindikasi mengidap virus Corona bertambah. Dari jumlah awal 136 orang kini bertambah menjadi 297 orang.

Dari data tersebut, 121 orang dinyatakan sehat. Mereka sebelumnya dalam pemantauan dan pengawasan Dinkes karena pernah berinteraksi dengan orang asing (WNA) atau baru pulang dari luar negeri. Kemudian, 120 orang saat ini masih menjalani masa pemantauan.

Sedangkan, 30 pasien yang pernah dirawat karena menunjukkan tanda menyerupai Corona telah dinyatakan sehat dan dipulangkan ke keluarganya. Sementara, jumlah pasien yang saat ini dalam status pengawasan atau perawatan tim medis sebanyak 26 pasien.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5845 seconds (0.1#10.140)