Polisi Mulai Tutup Ruas Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin

Selasa, 31 Desember 2019 - 18:04 WIB
Polisi Mulai Tutup Ruas Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin
Polisi Mulai Tutup Ruas Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI menggelar acara hiburan di kawasan car free night (CFN) Jalan Jenderal Sudirman-Mh Thamrin, Jakarta Pusat untuk merayakan pergantian tahun . Adapun saat ini, kawasan jalan tersebut sudah mulai dilakukan penutupan.

Berdasarkan pantauan, kawasan menuju Jalan Jenderal Sudirman sudah mulai dilakukan penutupan oleh petugas kepolisian dan Dishub DKI Jakarta. Misalnya saja di Jalan Imam Bonjol, kendaraan sudah tak bisa melintas ke arah Bundaran HI, begitu juga di Jalan KH Wahid Hasyim. Petugas di lapangan sudah mulai melakukan penutupan di jalanan tersebut menggunakan cone.

Kapala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, semua rencana penutupan kawasan CFN itu sudah dilakukan secara matang. Adapun kawasan CFN itu dilakukan penutupan pada pukul 17.00 WIB sehingga kendaraan tak bisa melintas di kawasan CFN.

"Dari Dishub kita tambahan ada 500 personel, lalu kepolisian 1.600 personel, juga TNI dan Satpol PP. Penutupan dari Senayan sampai Harmoni," katanya pada wartawan di Bundaran HI, Selasa (31/12/2019).

Menurutnya, skema rekayasa arus lalu lintas dan penutupan sudah dilakukan pihaknya. Disamping itu, pihaknya pun meminta pada masyarakat, khususnya yang hendak ke kawasan CFN untuk tak memarkirkan kendaraannya secara sembarangan.

Pasalnya, Dishub bakal menindak parkir liar di sejumlah titik yang menuju ke kawasan CFN. Adapun masyarakat diminta untuk memarkirkan kendaraannya di kantong-kantong parkir yang telah tersedia.

"Jadi, pedagang asongan atau PKL tak boleh masuk karena prinsipnya CFN ini polanya sama dengan HBKB (Hari Bebas Kendaraan Bermotor). Lalu untuk parkir liar, kami siapkan mobil derek di titik yang potensial dijadikan parkir liar, di sekitar jalur alternatif," ujarnya.

Adapun saat ini, kawasan Bundaran HI sudah mulai didatangi oleh masyarakat, meski masih baru beberapa saja. Mereka datang sejak sebelum hujan melanda kawasan Jakarta dan saat ini mereka berhamburan mencari tempat berteduh.

Panggung utama pun tampak sudah mejeng di kawasan Bundaran HI, lalu tenda-tenda untuk para pengisi acara di panggung pun tampak sudah didirikan. Sejumlah mobil ambulans, damkar, dan kepolisian pun tak mejeng pula di kawasan sekitar Bundaran HI.

Masyarakat kemungkinan bakal mulai meramaikan kawasan Bundaraan HI pada malam hari nanti. Sejauh ini, mereka yang sudah berdatangan paling banyak bersama rombongan, entah itu dengan keluarganya ataupun sanak saudara dan kerabatnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6545 seconds (0.1#10.140)