Tangani Pasien Covid-19 di Tangsel, Perawat dan Keluarganya Ikut Terpapar

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 22:51 WIB
loading...
Tangani Pasien Covid-19 di Tangsel, Perawat dan Keluarganya Ikut Terpapar
Petugas dari BPBD dan BNPB melakukan penyemprotan disinfektan di Puri Bintaro Indah, Ciputat. Foto: Hambali/Okezone
A A A
TANGERANG SELATAN - Satu keluarga di Perumahan Puri Bintaro Indah, Jalan Kemuning, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), terkonfirmasi positif Covid-19 . Mereka pun memilih menjalani isolasi mandiri di kediamannya.

Keluarga yang terdiri dari seorang istri, suami dan seorang anak berusia 7 tahun itu tak memiliki keluhan medis sebelumnya. Meski kemudian, berdasarkan hasil uji Swab menunjukkan ketiganya terkonfirmasi positif Covid.

Sang istri berinisial S (34), merupakan perawat medis di salah satu rumah sakit di kawasan Bintaro, Pondok Aren. Diduga, dari sanalah awal terpaparnya S. Di mana disebutkan, setiap pekan rumah sakit swasta itu rutin melakukan Rapid test bagi tenaga medisnya.

Ketua RT setempat, Suharjono menerangkan, hasil positif Covid baru diketahui pada tanggal 26 Agustus 2020. Di mana terlampir keterangan dari rumah sakit atas hasil uji Swab. Total ada 5 jiwa yang tinggal dalam keluarga itu. ( )

"Hasilnya yang istri, suami, dan satu anaknya positif. Terus yang manula sama satu batita hasilnya negatif. Jadi yang kakek sama batita ini diungsikan ke tempat lain. Sedang yang 3 orang ini menjalani isolasi mandiri di rumah," katanya di Tangsel, Sabtu (29/8/2020).

Suharjono melanjutkan, dia telah memihta kepada Puskesmas setempat dan Satgas Covid turun melakukan tracking terhadap warga sekitar. Khususnya yang berpotensi terpapar dan pernah menjalani kontak langsung.

"Saya sudah komunikasi dengan Puskesmas untuk visit melakukan pencegahan, tapi sampai sekarang belum ada tindakan di lapangan. Karena kalau kita warga di sini hanya bisa melakukan hal terbatas. Jadi kan kalau Satgas itu misalnya mentracking siapa saja yang pernah kontak, lalu dirapid," imbuhnya.

Menurut dia, hanya tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang terjun ke lokasi melakukan penyemprotan disinfektan. Meski harus diapresiasi, kata dia, tindakan itu sebatas pencegahan dan tidak bisa mendeteksi lebih jauh siapa yang terpapar dan siapa yang tidak.

"Kita apresiasi tim dari BPBD sigap, dan langsung melakukan penyemprotan serta pengawasan. Kita harap dari instansi pemerintah lainnya turun, khususnya itu tadi mentracking lalu merapid warga yang dianggap berpotensi terpapar," ucapnya.

Pengurus lingkungan dan warga perumahan telah bermusyawarah untuk membantu keluarga S yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Mereka bahkan sudah sepakat menyisihkan bantuan sukarela, masing-masing minimal Rp100 ribu guna mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

"Saya kira kita harus bahu-membahu menghadapi Covid ini, saling mengingatkan, disiplin, dan menjaga gaya hidup sehat dan bersih. Jadi kalau pun ada warga kita yang terkena, kita bantu mereka, begitupun dari pemerintah harus melakukan juga tanggung jawabnya," tandasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)