BPBD DKI Pastikan Video Luapan Air Kali Ciliwung Hoaks

Rabu, 25 Desember 2019 - 20:38 WIB
BPBD DKI Pastikan Video Luapan Air Kali Ciliwung Hoaks
BPBD DKI Pastikan Video Luapan Air Kali Ciliwung Hoaks
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan video yang beredar menggambarkan adanya luapan air di Kali Ciliwung merupakan berita hoaks . Video itu dipastikan hoaks, mengingat ketinggian air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat masih terpantau normal.

Kepala UPT Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (Pusdatin) BPBD DKI, M Ridwan, mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kabar bohong (hoaks).
"Itu berita yang sudah diunggah pada tanggal 4 Februari 2018 lalu," kata M Ridwan saat dikonfirmasi SINDOnews, Rabu (25/12/2019).

Ridwan menambahkan, situasi saat ini di Bendung Katulampa tidak ada kenaikan air, sebab hujan belum secara merata mengguyur kawasan Bogor dan sekitarnya."Situasi Bendung Katulampa terkini, 25 Desember 2019, normal," tuturnya.

Berdasarkan rekaman video yang diterima, terlihat air berada di batas normal, di bawah garis hijau. Fungsi lain dari Bendung Katulampa adalah sebagai sistem informasi dini terhadap bahaya banjir Sungai Ciliwung yang akan memasuki Ibu Kota.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5027 seconds (0.1#10.140)