Perlancar Konektivitas Banten, Jokowi Resmikan Tol Kunciran-Serpong

Jum'at, 06 Desember 2019 - 22:01 WIB
Perlancar Konektivitas Banten, Jokowi Resmikan Tol Kunciran-Serpong
Perlancar Konektivitas Banten, Jokowi Resmikan Tol Kunciran-Serpong
A A A
TANGERANG SELATAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 km. Tol yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) 2 tersebut dibangun dengan biaya investasi senilai Rp2,623 triliun.

"Alhamdulilah pembangunan jalan tol kunciran-serpong sudah rampung dan segera kita bisa manfaatkan," katanya di Gerbang Tol Parigi Tangeranh Selatan, Jumat (6/12/2019).

Dia mengaku selalu ditanyai mengapa terus membangun jalan tol. Menurutnya jalan tol ini akan mempercepat dan memperlancar konektivitas Banten ke Jakarta. (Baca Juga: Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong Ditargetkan Beroperasi Akhir 2019)

"Saya sering mendengar keluhan orang yang bolak-balik dari Banten ke Jakarta, Jakarta-Banten. Pak kita ini bisa tua di jalan karena macet," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa kerugian karena terjadinya macet cukup banyak sekali. Salah satunya adalah banyak waktu terbuang sehingga menurunkan daya saing Indonesia. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga semakin banyak, salah satunya untuk BBM.

"Padahal di era persaingan antar negara yang semakin sengit. Kecepatan akan sangat menentukan. Yang cepat akan mengalahkan yang lambat," tuturnya.

Menurutnya dengan selesainya jalan tol Kuciran-Serpong maka kawasan-kawasan industri yang ada di Jakarta dan di Banten akan semakin terintegrasi. Sehingga distribusi logistik akan lebih mudah dan lancar. (Baca Juga: Tol JORR II Perkuat Infrastruktur Banten)

"Terutama disribusi barang yg melalui pelabuhan merak. Jadi jalan tol akan nyambung antara sentra-sentra produksi dengan sentra-sentra distribusi. Semakin tersambung maka akan semakin efisien. Artinya daya saing kita akan semakin baik dalam investasi. Daya saing, dan produk-produk kita akan semakin meningkat," jelasnya.

Lebih lanjut tol ini akan bisa mempercepat gerak perekonomian Banten sebagai wilayah penyangga Ibu Kota Jakarta. Dimana kejenuhan investasi di Jakarta bisa dilimpahkan ke Banten, karena konektivitas semakin tersambung.

"Dan dengan demikian, ekonomi Banten bisa lebih bergerak lagi. Ini perlu dicatat Pak Gub, sama Bu Wali. Sehingga harapan ekonomi Banten bisa bergerak lebih cepat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak lagi," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5216 seconds (0.1#10.140)