Pemkab Bekasi Musnahkan Enam Sarang Tawon Vespa Affinis

Selasa, 03 Desember 2019 - 15:45 WIB
Pemkab Bekasi Musnahkan Enam Sarang Tawon Vespa Affinis
Pemkab Bekasi Musnahkan Enam Sarang Tawon Vespa Affinis
A A A
BEKASI - Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi memusnahkan enam sarang tawon predator jenis Vespa Affinis dibeberapa titik permukiman warga. Langkah ini dilakukan karena sejumlah kejadian serangan tawon predator yang mengganas di beberapa wilayah.

Tim Evakuasi dan Penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi memusnahkan enam sarang tawon di permukiman penduduk di Kecamatan Cikarang Timur, Sukatani, Tambelang dan Babelan. "Kami mendapatkan permohonan warga, kemudian kami menindaklanjutinya dengan datang ke lokasi dan memusnahkannya," ungkap Komandan Regu Tim Evakuasi dan Penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Adhi Nugroho, Selasa (3/12/2019).

Menurut dia, pemusnahan sarang tawon predator dilakukan pada malam hari, yang mana lokasinya sangat berdekatan dengan permukiman warga. Pemusnahan dilakukan karena masyarakat sangat resah dan meminta pemerintah untuk segera turun tangan agar tidak terjadinya kasus serangan tawon di Garut, Jawa Barat, dan Tuban, Jawa Tengah.

Dalam pelaksanaan operasi pemusnahan sarang tawon predator itu, satu petugas Damkar terkena sengatan tawon di tangan hingga mengalami pembengkakan. Namun, semua sarang tawon itu semua akhirnya berhasil dimusnahkan.

Adhi menjelaskan, banyaknya koloni tawon predator yang bersarang di permukiman warga salah satunya disebabkan karena maraknya alih fungsi lahan dari pertanian menjadi permukiman atau industri di Kabupaten Bekasi. Kemudian, faktor peralihan dari musim hujan ke musim panas.

Untuk itu, Dinas Pemadam Kebakaran akan terus siaga jika ada warga yang melaporkan keberadaan sarang tawon predator tersebut. Warga yang berada di 23 kecamatan harus cepat melaporkan kepada pihaknya."Jika ada laporan langsung kita tindak lanjuti," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7263 seconds (0.1#10.140)