174 Atlet DKI Siap Harumkan Indonesia di Sea Games Manila

Sabtu, 30 November 2019 - 13:43 WIB
174 Atlet DKI Siap Harumkan Indonesia di Sea Games Manila
174 Atlet DKI Siap Harumkan Indonesia di Sea Games Manila
A A A
JAKARTA - Sebanyak 174 Atlet dan pelatih asal DKI Jakarta diberangkatkan ke Filipina untuk mengikuti Sea Games XXX 2019 di Manila. Para atlet tersebut diharapkan menjaga nama baik dan mampu mengharumkan Indonesia saat mengikuti 47 cabang olahraga demi meraih peringkat dua besar di kompetisi tersebut.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan berpesan agar setiap atlet mengutamakan kedisiplinan selama berada di Filipina, termasuk durasi istirahat, porsi makan dan minum serta jadwal latihan.

"Saya ingin sampaikan terima kasih, apresiasi kepada semua karena teman-teman sekalian selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, berlatih tak terlihat. Baru hari-hari ini Anda muncul ke permukaan dan masyarakat menyadari Anda bersiap berangkat ke Manila,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat 29 November 2019.

Anies menjelaskan, masyarakat tidak ada yang tahu persiapan panjang yang mereka lakukan dalam mengharumkan nama Indonesia. Anies meminta agar semua atlet menyapa peserta atlet lainnya sehingga memberi kesan kepada yang lain bahwa perilaku Indonesia sangat ramah.

“Atlet Indonesia harus menyapa semua atau tidak menutup diri dan harus percaya diri. Berikan kesan yang positif kepada atlet-atlet lain dari seluruh Asia Tenggara yang nanti hadir ke sana,” ujarnya.

Anies mengatakan, target dua besar ini tidak hanya permintaannya tapi juga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Beberapa lalu presiden meminta kepada atlet Jakarta yang akan bertarung di Manila, setidaknya meraih peringkat dua besar.

“Pada Sea Games ini, kemarin Bapak Presiden juga sudah menargetkan yaitu dua besar. Jadi Anda harus kerja ekstra untuk mencapai tempat-tempat tertinggi, tempat-tempat terpuncak. Jadi saya minta kedisiplinan dijaga,” jelasnya.

Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta Djamhuron P Wibowo mengatakan, sebagian atlet telah berangkat ke Manila sejak Kamis, 28 November 2019 lalu. Selanjutnya, atlet dari cabang olahraga bola basket juga telah bertolak ke Filipina pada Jumat, 29 November 2019 pagi.

“Kami berharap agar para atlet yang bertanding untuk fokus dan menjunjung nilai sportif, karena kehadiran mereka ke sana mencerminkan negara Indonesia. Jadi harus jaga nama baik Indonesia dan setidaknya meraih peringkat dua besar,” kata Djamhuron
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4330 seconds (0.1#10.140)