Libur Nataru, Tol Jakarta-Cikampek Elevated II Bakal Difungsikan

Rabu, 20 November 2019 - 20:02 WIB
Libur Nataru, Tol Jakarta-Cikampek Elevated II Bakal Difungsikan
Libur Nataru, Tol Jakarta-Cikampek Elevated II Bakal Difungsikan
A A A
BEKASI - Tol Jakarta-Cikampek Elevated bakal dioperasionalkan secara fungsional saat perayaan libur natal dan tahun baru (Nataru) 2019. Kebijakan itu dilakukan PT Jasa Marga untuk memperlancar arus mudik natal dan perayaan tahun baru 2020 mendatang.

Corporate Communications and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak dalam pengelolaan Tol Japek Elevated II.

”Tol layang (Elevated), Jasa Marga tetap komitmen pada saat pelaksanaan libur natal dan tahun baru tol Jakarta Elevated akan bisa digunakan secara fungsional,” kata Heru kepada SINDO dalam Safety Reding di Rest Area 39, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Rabu (20/11/2019).

Heru memproyeksikan, pada saat libur Nataru lalu lintas di Tol Japek akan meningkat seperti yang telah terjadi pada setiap hari besar seperti Idulfitri 2019 dan Nataru 2018 lalu. Namun, dia meyakini dengan dioperasikannya Tol Japek Elevated akan menekan kepadatan lalu lintas yang selama beberapa tahun terakhir ini cukup padat.

”Tentu ada strategi yang akan kita siapkan juga, jika pada saat Idulfitri kemarin kita alihkan Gebang Tol Cikarang Utama ke Gerbang Tol Cikampek. Nataru nanti levated akan menjadi strategi diopersionalkan secara fungsional,” jelasnya. Dalam beberapa waktu kedepan, Jasa Marga juga akan mengumumkan patokan tarif penggunaan Jalan Tol Japek Elevated.

Operasion and Maintenace Management Group Head Jasa Marga, Fitri Wiyanti memproyeksikan kenaikan volume lalu lintas di Tol Japek sebesar 5,25 persen pada libur Nataru tanggal 20-24 Desember 2019. Jumlah ini berkaca pada tahun 2018 lalu, arah timur sekitar 10,79 persen.

”Arah Barat kita asumsikan turun, Selatan atau lokalan Ciawi 2,78 jadi kita gabungkan 5,25 persen,” tambahnya. Untuk itu dia mengimbau, bagi pengendara agar dapat tertib berlalu lintas dan mematuhi rambu- rambu dan intruksi aturan yang ada di jalan tol. Termasuk untuk memastikan bawaan logistik yang dibawa tidak melebihi muatan yang di perbolehkan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6648 seconds (0.1#10.140)