Pengabdian Masyarakat di Kembangan, UMB Manfaatkan Limbah Minyak Jelantah

Kamis, 12 September 2024 - 21:08 WIB
loading...
A A A
Selanjutnya parafin dilelehkan sebanyak 1.000 gram menggunakan panci dan dicampurkan dengan minyak jelantah yang sudah jernih sebanyak 1.000 ml.

Setelah kedua bahan dicampur, tambahkan pewarna dan essensial oil dan tuangkan pada gelas serta cetakan silikon berbentuk bunga daisi dan logo Universitas Mercu Buana. kemudian tunggu hasilnya beberapa jam setelah cetakan lilin dingin, bunga daisi dan logo Universitas Mercu Buana dapat dipindahkan ke dalam cetakan gelas.

Kegiatan ketiga dilaksanakan pada Senin, 26 Agustus 2024 di Auditorium Doktoral Universitas Mercu Buana. Acara ini dihadiri Ibu-ibu PKK RW 02, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Tim Hibah, beserta Mahasiswa/i. Materi yang disampaikan adalah audio visual sekaligus praktik penggunaan kamera sederhana melalui Android yang dipaparkan Rizki Briandana.

Acara ketiga ini merupakan penutupan dari sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan minyak jelantah menjadi lilin aroma terapi. Selanjutnya tim Hibah PKM akan mengadakan pendampingan penjualan serta mengevaluasi sampai akhir program kegiatan ini berakhir di bulan Desember 2024.

“Pemanfaatan minyak jelantah menjadi lilin aroma terapi tidak hanya memberikan solusi praktis untuk mengurangi limbah, tetapi juga membuka peluang baru untuk kreasi bermanfaat. Dengan mengolah minyak jelantah menjadi lilin aroma terapi, kita tidak hanya menyelamatkan lingkungan dari pencemaran, namun menciptakan produk yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan,” ungkap Rizki.
(jon)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)